detikhealth

Ingin Tubuh Kelihatan Lebih Subur, Bagaimana Caranya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 28/01/2013 15:41 WIB
Ingin Tubuh Kelihatan Lebih Subur, Bagaimana Caranya?Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Bagaimana caranya menaikan massa otot kita jadi tubuh kita lebih kelihatan subur?

Dava (Pria Lajang, 22 Tahun), adta_XXXX@ymail.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 51 Kg

Jawaban:

Menaikkan massa otot dan kelihatan subur merupakan dua ungkapan yang memicu penafsiran yang berbeda pada setiap orang. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyamakan dulu penafsiran agar tidak terjadi salah paham.

Kelihatan subur, umumnya adalah definisi untuk orang yang memiliki kadar lemak cukup tinggi (di atas 25% untuk pria, di atas 30% untuk wanita). Umumnya mereka dikatakan kelihatan subur karena memiliki konotasi tubuh yang gemuk, cukup makan, sehingga dianggap seperti tanaman yang tanahnya cukup pupuk.

Sementara massa otot berbeda dengan lemak, sehingga apabila massa otot yang meningkat, idealnya tidak dibarengi dengan kenaikan lemak tubuh. Malah sebenarnya, mengalami kenaikan massa otot akan mempermudah tubuh untuk membakar lemak lebih banyak daripada tidak mengalami kenaikan massa otot.

Namun ada juga orang yang mengalami kenaikan massa otot yang dibarengi dengan kenaikan kadar lemak, yang memuatnya terlihat lebih subur. Kondisi ini sebenarnya kurang ideal, apabila orang tersebut sudah memiliki kadar lemak yang cukup tinggi. Namun apabila seseorang memulai dengan kadar lemak yang rendah, mengalami sedikit kenaikan lemak dan cukup banyak massa otot masih bisa diterima sebagai sebuah hasil yang baik.

Pemahaman ini sangat penting untuk menentukan tujuan yang Dava inginkan. Apabila Dava masih memiliki lemak yang cukup tinggi (meskipun berat badan rendah), maka sebaiknya difokuskan pada peningkatan massa otot saja. Untuk itu ada baiknya menjalankan langkah-langkah berikut:

1. Berhenti begadang, dan mulai tidur tepat waktu, misalnya tidur pukul 10.30 malam dan bangun pukul 5.00 pagi.
2. Makan tepat waktu 3-4 kali perhari, dengan komposisi karbohidrat kompleks (nasi merah / ubi merah / oatmeal) yang diimbangi dengan komposisi protein (tempe, tahu, putih telur, ayam, ikan, kacang-kacangan).
3. Lakukan latihan beban untuk merangsang pertumbuhan otot, dengan tehnik yang baik dan coba untuk menambah beban tanpa merusak tehnik gerakan.
4. Apabila merokok, hentikan sekarang juga.

Ade Rai
Adalah atlet binaraga yang memiliki prestasi sangat baik di pecaturan nasional dan internasional. Lulusan FISIP Universitas Indonesia jurusan Hubungan Internasional tahun 1995 ini, sekarang aktif mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui fitnes. Ade juga mendirikan RAI Institute dan 11 gerai Klub Ade Rai.

(up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close