detikhealth

Tips Sehat Saat Hamil Bagi Wanita Karir

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Selasa, 26/02/2013 09:55 WIB
Tips Sehat Saat Hamil Bagi Wanita Karir(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Agar tetap sehat, wanita hamil disarankan agar tidak terlalu lelah saat melakukan aktivitas. Tapi bagi wanita karir, mau tidak mau tetap harus bekerja hingga beberapa bulan sebelum persalinan. Tak perlu khawatir, karena wanita karir yang hamil tetap bisa sehat.

Saat hamil, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita, mulai dari perubahan fisik, hormonal, hingga emosi. Karena itulah, wanita hamil lebih mudah merasa lelah. Tapi bagi wanita karir, lelah bukanlah alasan untuk tidak masuk kerja.

Untuk menjaga kesehatan janin dan ibu saat hamil, wanita karir perlu memperhatikan beberapa hal, seperti dilansir Onlymyhealth, Selasa (26/2/2013):

1. Makan sehat

Makan sehat adalah keharusan bagi ibu hamil. Jika Anda bekerja selama kehamilan, maka makan makanan sehat menjadi lebih penting, karena jadwal pekerjaan yang sibuk membuat sebagian besar wanita karir hamil terlihat mengabaikan pentingnya makan yang benar dan yang paling penting makan makanan bergizi.

Ingat bahwa Anda perlu untuk menjaga tingkat energi untuk mengatasi dua hal, yaitu pekerjaan dan kehamilan. Tingkatkan asupan karbohidrat kompleks dan protein dalam menu sehat Anda.

2. Hindari makan lemak

Pekerjaan seringkali menjadi penyebab stres pada wanita karir. Bila Anda wanita karir yang sedang hamil, sebaiknya hindari makanan berlemak karena dapat menambah tingkat stres Anda.

3. Tetap lakukan latihan ringan di kantor

Pastikan Anda berjalan secara berkala atau dapat melakukan beberapa latihan peregangan. Hal ini akan melancarkan sirkulasi darah dan mencegah masalah kaki bengkak yang biasanya kerap terjadi pada ibu hamil.

4. Informasikan tentang kehamilan pada atasan

Informasikan pada atasan tentang kehamilan Anda. Beberapa wanita lebih suka menyampaikan kabar kehamilan pada tahap awal kehamilan, namun ada juga yang lain ingin menunggu sampai trimester kedua. Tapi sebaiknya alangkah bijaksana untuk memberitahu atasan Anda sebelum gejala kehamilan muncul (perut mulai membesar), sehingga atasan dapat mengurangi beban kerja Anda.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Beberapa perusahaan atau pegawai pemerintah diwajibkan mengenakan seragam saat bekerja. Tapi bila Anda sedang hamil, sebaiknya mintalah dispensasi agar bisa mengenakan pakaian yang longgar sehingga lebih nyaman dan tidak menekan janin. Pakaian yang longgar juga memudahkan ibu hamil untuk bernapas dengan baik.

(mer/vta)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close