detikhealth

Konsultasi ASI
IKMI

Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI)

Bisakah Memberi Obat Flu atau Batuk untuk Bayi Melalui ASI?

Suherni - detikHealth
Selasa, 23/07/2013 14:48 WIB
Bisakah Memberi Obat Flu atau Batuk untuk Bayi Melalui ASI?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Ada mitos yang mengatakan bahwa kalau anak dalam masa pemberian ASI terkena sakit flu, kemudian ibunya minum obat flu, maka ASI yang dikeluarkan akan membantu anak untuk sembuh dari flu, demikian juga dengan penyakit lain, seperti batuk, pilek. Apakah itu benar? Terimakasih.

Hendri Parlin (Laki-laki menikah, 31 tahun)
henriXXXXX@gmail.com, Jenis Kelamin
Tinggi badan 165 cm, berat badan 65 kg

Jawaban

Selamat sore Pak Hendri, semoga Bapak dalam keadaan baik dan sehat walafiat.

Obat yang diberikan oleh dokter kepada bayi yang sedang sakit, tentu dosisnya telah disesuaikan dengan keadaan si bayi termasuk efek samping. Dokter akan mencarikan obat yang paling aman mengingat fungsi tubuh bayi yang belum berkembang sempurna.

Dosis obat buat bayi itu sangat kecil dan ringan, jika yang meminumnya adalah orang dewasa, tentu tidak akan mempengaruhi apa-apa dan juga tidak menimbulkan efek apapun baik untuk ibunya yang langsung meminum obat itu ataupun untuk bayi yang disusuinya.

Kalau ada mitos yang beredar bahwa cukup ibu yang minum obat untuk bayinya yang sakit, maka bayi akan sembuh? Itu sama sekali tidak benar.

Jangan sampai karena termakan mitos kesehatan si kecil menjadi terabaikan. Tetaplah berkeyakinan bahwa obat yang diresepkan/diberikan untuk bayi, maka yang minum juga harus bayi tersebut, dan bayi terus disusui.

Demikian jawaban kami, semoga berkenan.

Farida Ayu Erikawati
Konselor Menyusui IKMI


(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit