detikhealth

Konsultasi ASI
IKMI

Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI)

Apakah Makanan yang Dimakan Sang Ibu Bisa Mempengaruhi ASI?

Suherni - detikHealth
Senin, 19/08/2013 13:44 WIB
Apakah Makanan yang Dimakan Sang Ibu Bisa Mempengaruhi ASI?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Apakah anak saya terlalu gemuk dengan berat badan 8,1 kg dan tinggi badan 65 cm di usia 5 bulan? Dia diberi ASI plus susu formula karena saya bekerja. Apa makanan yang berasal dari ibunya mempengaruhi ASI? Menu makanan apa yang memenuhi gizi baik untuk ASI?

Endarwati (Perempuan menikah, 21 tahun)
endarwati.XXXXX@gmail.com
Tinggi badan 169 cm, berat badan 55 kg

Jawaban

Dear Ibu Endarwati,

Terima kasih atas pertanyaannya. Ibu bekerja memungkinkan untuk tetap memberikan ASI secara eksklusif yaitu dengan memerahnya selama berjauhan dengan bayi (selama jam kerja), disimpan, lalu diberikan kepada bayi melalui wadah gelas, spuit, pipet atau sendok oleh pengasuh.

Prinsip produksi ASI adalah,semakin sering dikeluarkan, semakin banyak ASI yang dihasilkan. Jadi, jika ASI ingin berjumlah cukup untuk bayi (apalagi selama ditinggal kerja), teruslah menyusui, mengkombinasikan menyusui-langsung dengan memerah.

Makanan tidaklah berpengaruh langsung kepada produksi dan kualitas ASI, selama ibu makan dengan jumlah yang cukup dan moderat. Tidak lupa juga menjaga kesehatan ibu, karena ibu sebaiknya dalam keadaan fit agar dapat menyusui dan merawat bayi. Makanlah makanan yang bernutrisi berimbang, cukup air putih dan istirahat. Tidak ada pantangan bagi ibu menyusui, selama ibu tidak alergi terhadap makanan tertentu.
Sekian jawaban dari saya ibu, semoga membantu.

Farahdibha Tenrilemba, Konselor Menyusui
@dibamommy

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit