detikhealth

Cara Alami Agar Tubuh Terlihat Segar dan Sehat

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Senin, 26/08/2013 07:09 WIB
 Cara Alami Agar Tubuh Terlihat Segar dan Sehatilustrasi (Foto: Getty Images)
Jakarta, Semua wanita pasti ingin wajahnya terlihat segar dan sehat. Sehingga, banyak yang melakukan perawatan mahal atau bahkan membeli make-up yang diklaim bisa membuat wajah segar dan sehat. Padahal wajah segar dan sehat bisa didapat dengan cara alami.

Seperti dikutip dari Style Caster, Senin (26/8/2013) berikut ini cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan wajah yang segar dan sehat sepanjang hari:

1. Lakukan gerakan di pagi hari
Jadikan gerakan sebagai hal pertama yang wajib Anda lakukan setelah bangun tidur misalnya dengan joging atau jalan cepat. Olahraga di pagi hari bisa 'membangunkan' organ, tulang, dan otot setelah Anda melalui waktu tidur. Kegiatan itu juga bisa mengirimkan pesan 'kita sudah bangun!' ke otak kita.
Selain itu, tubuh bisa memompa darah lebih baik serta membuat tubuh lebih sehat dan tampak bersinar. Tidak harus ke gym, Anda bisa melakukan olahraga selama 15 menit dengan menyaksikan CD panduan, bersepeda, atau jalan mengelilingi komplek rumah Anda.

2. Gunakan air dingin atau sendok
Basuhan air es saat bangun tidur bisa membuka mata dan 'mengejutkan' otak Anda. Jika Anda cukup berani, putarlah keran ke pengaturan air dingin dan basuhlah diri Anda selama 10 detik, sebelum mulai beralih ke air hangat. Hal ini juga bisa membuat rambut Anda lebih bersinar. Cara lainnya, sebelum tidur masukkan sendok ke dalam freezer dan pagi harinya, kompres mata menggunakan sendok tersebut.

3. Mempraktekkan aturan 20/20/20 sepanjang hari
Jika Anda menatap komputer sepanjang hari tanpa istirahat, cobalah berlatih 20/20/20 yang dikatakan dokter untuk mengurangi ketegangan dan kemerahan mata. Ambil waktu 20 detik untuk melihat sesuatu yang lain sambil berjalan 20 langkah setiap 20 menit.

4. Minum air sebanyak mungkin di siang hari
Coba siapkan air dalam botol besar di meja Anda sepanjang hari dan mengisinya saat habis. Air bisa menghidrasi organ tubuh serta otak kita sehingga kita tidak hanya merasa lebih terjaga tapi juga berkonsentrasi.

5. Tinggalkan ponsel di malam hari
Menurut para peneliti di Lighting Research Cente di Rensselaer Polytechnic Institute, mereka yang menghabiskan waktu dua jam untuk menggunakan perangkat dengan layar LED seperti iPad atau iPhone memiliki tingkat melatonin yang lebih tinggi. Melatonin adalah senyawa kimia yang menghambat tidur hingga Anda bisa kurang istirahat dan tidak segar di keesokan harinya.

6. Akupuntur sederhana
Banyak orang mengatakan bahwa akupuntur bisa berguna menangkal kelesuan tapi membutuhkan waktu dan uang. Cara sederhananya yakni cobalah cubit titik di antara ibu jari dan telunjuk untuk memberikan dorongan energi yang cepat.

7. Kenakan warna yang tepat
Jika pagi hari Anda masih merasa ngantuk, usahakan jangan memakai baju yang netral, terutama hitam. Warna hitam justru membuat wajah Anda tak segar dan memberi bayangan gelap pada wajah. Sedangkan warna yang terlalu putih akan terkesan 'luntur' di tubuh Anda.

Jika ingin terlihat santai, gunakan pakaian bernuansa biru, merah muda, ungu, biru kehijauan, magenta, merah kebiruan, atau putih murni. Sedangkan, jika Anda ingin terlihat bersemangat gunakan warna cerah seperti kuning, orange, cokelat, hijau tua, orange kemerahan, gading, atau warna hijau lumut.

8. Pakai kacamata hitam
Jika ketika bangun Anda merasa tidak pede akibat mata bengkak atau merah, pastikan untuk menggunakan kacamata hitam. Tak hanya menyembunyikan mata merah dan bengkak, kacamata hitam juga bisa mencegah Anda dari memicingkan mata, robek, dan pembengkakan akibat cahaya terang di luar. Perlu diingat bahwa terkadang sinar UV yang kuat ada di saat cuaca mendung.

9. Makan jeruk atau lemon
Ketika tepung atau makanan sarat gula bisa menurunkan semangat Anda di pagi hari, buah jeruk yang kaya vitamin C bisa meningkatkan energi dan kewaspadaan Anda. Jika Anda tak suka jeruk atau lemon, dengan mencium aromanya saja bisa mengelabui otak dan memberi efek semangat pada indera Anda.

10. Gunakan Anting
Anting dengan adanya batu berwarna lembut seperti mint, zamrud, pyrus, atau kecubung bisa memberi keindahan pada kulit dan mata serta membuat wajah lebih segar. Ditambah lagi, anting akan mengalihkan perhatian dari mata Anda yang mungkin terlihat lelah.

11. Pakai sedikit tetes mata
Kecuali yang diresepkan dokter, beberapa obat tetes mata tidak boleh dipakai setiap hari. Tapi ketika Anda benar-benar merasakan ketidaknyaman di mata, gunakan beberapa tetes mata untuk membantu menghilangkan kemerahan dan bengkak.

12. Lakukan tes alergi
Jika sering terbangun dengan mata lelah, bengkak, berair, dan kulit pucat, bisa jadi itu karena alergi tersembunyi. Maka, tak ada salahnya Anda melakukan tes alergi ke dokter dan sesegera mungkin mendapat perawatan.


(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit