detikhealth

Konsultasi ASI
IKMI

Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI)

Amankah Bila Teh Manis Dijadikan Sebagai Pengganti ASI?

Suherni - detikHealth
Senin, 02/09/2013 13:38 WIB
Amankah Bila Teh Manis Dijadikan Sebagai Pengganti ASI?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Anak saya bayi perempuan usia 7 bulan dan saya berikan ASI eksklusif sampai umur 6 bulan. Sekarang sudah mulai saya berikan makanan tambahan berupa nasi tim yang saya kombinasikan dengan ati ayam atau daging serta sayuran. Karena saya bekerja, lama-kelamaan sekarang produksi ASI saya berkurang dan anak saya berikan tambahan susu formula.

Tapi ternyata dia tidak mau sama sekali dengan susu formula itu, dan selama saya bekerja akhirnya sama pengasuh diberikan teh manis karena khawatir kalau nanti dehidrasi dan dengan teh manis itu anak saya senang karena selalu habis.

Yang saya tanyakan apakah aman, pemberian teh manis untuk anak seusia anak saya? Dan sebaiknya saya berikan apa selain susu formula agar masa pertumbuhannya tetap sempurna? Terimakasih.

Sri Haryanti (Perempuan menikah, 33 tahun)
Tinggi badan 156 cm, berat badan 54 kg

Jawaban

Dear Ibu Sri,

Ikut senang Ibu sudah berhasil memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan, dan saat ini mulai memperkenalkan makanan padat untuk putri Ibu. Penambahan susu formula bukan hal yang wajib, terlebih sebelumnya Ibu sudah berpengalaman memberikan ASI eksklusif. Produksi ASI bisa dipertahankan dengan rutin mengosongkan payudara tiap 3 jam selama di kantor dan menyusui sekehendak bayi saat di rumah. Dengan rutin memerah, putri Ibu bisa tetap mengonsumsi ASI tanpa khawatir kekurangan asupan cairan dan zat gizi lain.

Untuk pemberian cairan lain, sebaiknya dipertimbangkan manfaat dan kerugiannya. Sari buah, kuah sayur/daging, ikan, dll, baik untuk dimasukkan dalam menu harian bayi, tetapi air teh manis sebaiknya dihindari.

Konsumsi teh dapat menghambat penyerapan mikronutrien dari makanan, khususnya penyerapan zat besi yang penting untuk pertumbuhan sel otak, sel darah merah, dan sel kekebalan tubuh. Semoga jawaban singkat ini membantu Ibu memutuskan asupan terbaik untuk putri Ibu.

Salam menyusui,
Wiyarni Pambudi

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit