detikhealth

Amankah Ukur Kekuatan Jantung di Usia 40 Tahun dengan Olahraga Berat?

Suherni - detikHealth
Rabu, 09/10/2013 11:54 WIB
Amankah Ukur Kekuatan Jantung di Usia 40 Tahun dengan Olahraga Berat?Ilustrasi (Foto: thinkstock)
Jakarta, Dokter, saya ingin bertanya. Di umur saya yang sudah tak lagi muda ini, masih boleh berolahraga berat untuk mengukur kekuatan jantung saya? Terimakasih.

Lisa (Perempuan menikah, 41 tahun)
Tinggi badan 155 cm, berat badan 70 kg

Jawaban

Selamat siang Ibu Lisa

Apakah Anda ada keluhan sesak napas, sesak dada, jantung berdebar-debar, dan nyeri dada di sebelah kiri? Lalu bagaimana dengan keluhan pusing, mual, tidak dapat tidur dengan nyenyak?

Jika ada keluhan seperti itu, saya sarankan Anda untuk cek ke dokter spesialis jantung, dan melakukan pemeriksaan jantung seperti: EKG, ekokardiografi, rontgen dada.

Mengenai gejala penyakit jantung, ada berbagai macam penyebab seperti: nyeri dada di sebelah kiri, sesak dada, sesak napas, jantung berdebar-debar.

Untuk menyehatkan kondisi jantung Anda, maka harus dilakukan pencegahan dini, seperti: berolahraga, makan makanan yang sehat, tidur yang cukup. Sebelumnya saya ingin bertanya apakah Anda sering berolahraga? Untuk usia seperti Anda, saya sarankan Anda untuk olahraga ringan, namun dilakukan secara berkala seperti: berjalan kaki, naik turun tangga, joging. Dilarang untuk berolahraga terlalu keras, seperti: berenang, tennis bulu tangkis.

Jika Anda sudah melakukan pemeriksaan jantung, dan ternyata terbukti gejala penyakit jantung, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan kami, gratis tidak dipungut bayaran sepeser pun.

Demikianlah saya sampaikan, atas perhatiannya, saya mengucapkan terimakasih.

Profesor Xiao Mingdi

Dokter Spesialis Bedah Kardiovaskular di Shanghai Yodak Cardio-Thoracic Hospital. RS Cardio-thoracic Yodak Shanghai terletak di No.218 Jalan Longcao Distrik Xuhui Shanghai. Perwakilan di Jakarta ada di Menara Citicon Lantai 11 Blok Suite E, Jalan S Parman Kav 72, Slipi, Jakarta Barat 11410. Tel: 021 - 99808123 dan 021 - 99570666.

Anggota dari Association of Thoracic and Cardiovascular Surgeons of Asia, konsultan ahli dari Departemen Kesehatan RRC, Dewan Pengawas dari China National Science and Technology Progress Award, Wakil Direktur dari China Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Ketua Kehormatan untuk Shanghai Thoracic and Cardiovascular Surgeons Society, Standing Committee Member of the China Medical Doctor Association.

(hrn/vta)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close