detikhealth

Artikel 18+

Gangguan Ejakulasi

Terlalu Sering Masturbasi, Saat dengan Pasangan Malah Susah Ejakulasi

M Reza Sulaiman,Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Rabu, 18/12/2013 14:16 WIB
Terlalu Sering Masturbasi, Saat dengan Pasangan Malah Susah EjakulasiIlustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Ejakulasi memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Keadaan tubuh yang lelah, kondisi pikiran yang tidak tenang, bahkan perasaan bersalah pada pasangan bisa menyebabkan gangguan ejakulasi. Namun benarkah terlalu sering masturbasi juga berpengaruh?


Dr Andri Wanananda, MS, anggota IDI dan Asosiasi Seksolog Indonesia (ASI), mengatakan bahwa memang ada pengaruh masturbasi terhadap hubungan seks berpasangan. Ia mengatakan bahwa pria yang sering masturbasi mengalami kesulitan ejakulasi ketika berhubungan seks berpasangan.
"Karena dulu waktu dia masturbasi enggak ada partner kan, kapan pun dia mau ya dia lakukan," ujar Dr Andri ketika diwawancarai detikhealth dan ditulis pada Rabu (18/12/2013).


Dokter yang juga mengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara itu juga menjelaskan bahwa dalam berhubungan seks, harus bisa belajar untuk mengimbangi partner. Ia pun menuturkan cara awal untuk belajar mengimbangi partner.
"Caranya dengan merangsang si wanita dengan foreplay lebih lama. Bagian penis sebisa mungkin jangan disentuh, rangsang saja si wanita di bagian zona erotisnya. Ketika wanita sudah mau orgasme baru lakukan penetrasi," ujarnya.


Psikolog Rosdiana S. Tarigan, MPSi MHPEd mengatakan bahwa kecenderungan seseorang untuk masturbasi bisa dilakukan dengan berbagai cara.
"Kita bantu mengatasi kebiasaan itu dengan mengalihkan dia ke kegiatan yang lebih baik, misalnya berolahraga atau kegiatan lainnya," ujarnya.

Menurutnya, upaya untuk mengalihkan masturbasi ke hal lain harus dilakukan sedini mungkin. Sebab jika dibiarkan, hal itu bisa menyebabkan gangguan pada pasangan suami istri tersebut. Diharapkannya penyelesaian masalah antara suami istri bisa dilakukan dengan negosiasi.

"Jadi bisa tahu diantara suami dan istri ini maunya mereka sebenarnya apa masing-masing." pungkasnya.


(vit/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit