detikhealth

Konsultasi ASI
IKMI

Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI)

Mencret Setelah Diberi ASI, Mengapa?

Suherni - detikHealth
Jumat, 21/02/2014 13:14 WIB
Mencret Setelah Diberi ASI, Mengapa?Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Saya punya seorang bayi yang berumur 7 hari. Yang ingin saya tanyakan, mengapa bayi saya setelah menyusu ASI dari ibunya selalu buang air besar mencret seperti air. Kalau pada awal kelahiran, bayi saya mencret warna hitam tetapi sekarang warna kuning. Mohon bantuan dan penjelasannya. Terimakasih dari seorang ayah yang selalu mengkhawatirkan anaknya.

Bondan Dwinarto (Laki-laki menikah, 28 tahun)
bndwiXXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 170 cm, berat badan 70 kg

Jawaban

Yth. Bapak Bondan,

Selamat ya atas kelahiran bayinya. Jika Bapak khawatir akan si dede bayi, berarti Bapak adalah seorang ayah yang sangat peduli. Pada hari pertama memang tinja bayi berwarna hijau pekat atau kehitaman dan agak lengket. Itu yang disebut 'mekonium'. Mekonium adalah produk dari sel-sel yang diproduksi dalam saluran cerna selama bayi berada dalam kandungan. Setelah minum ASI, warnanya akan berubah menjadi kuning kehijauan, dan berangsur-angsur berwarna kuning.

ASI bersifat laksan atau pencahar, sehingga jika bayi minum ASI maka bayi akan sering BAB. Setiap habis netek, BAB (seperti mencret dan ini hal yang normal terjadi). Hal ini juga akan membantu mengeluarkan zat-zat kuning (bilirubin) yang ada dalam tubuh bayi. Dengan kata lain, zat-zat yang tidak dibutuhkan itu, akan dikeluarkan bersama feses (tinja) bayi. Dan kondisi ini bagus untuk bayi. Dalam sehari, bayi bisa bab 3-4 kali bahkan lebih. Hal ini normal. Nantinya malah ketika usia bayi sudah lebih besar, jika masih mengkonsumsi ASI saja, tanpa tambahan apapun, kadangkala bayi tidak bab selama beberapa hari. Hal ini juga normal terjadi karena ASI diserap sempurna.

Semoga penjelasan ini dapat membantu Bapak dan mengurangi kekuatiran Bapak ya dan semoga istri Bapak sukses memberikan ASI.

Salam menyusui,

Email: hesti_tobing@yahoo.com
Twitter: @hesti_tobing

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit