detikhealth

Konsultasi ASI
IKMI

Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI)

Semula Montok, Bobot Bayi 11 Bulan Malah Susah Naik Setelah Diberi MPASI

Suherni - detikHealth
Selasa, 04/03/2014 15:40 WIB
Semula Montok, Bobot Bayi 11 Bulan Malah Susah Naik Setelah Diberi MPASI Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Anak saya sekarang berumur 11 bulan. Lahir 2,9 kg panjang 50 cm, saat ini beratnya hanya 7,8 kg. Padahal makannya banyak sehari 3 kali ditambah buah dan biskuit. Tetapi BAB-nya juga banyak. Normal tidak ya? Dikasih MPASI waktu umur 6 bulan.

Sebelum diberi MPASI anak saya bisa dibilang montok. Tetapi setelah diberi MPASI kok susah banget berat badannya naik? Anak saya jarang sakit, sampai sekarang saya masih memberi ASI ditambah susu formula karena saya bekerja. Saya bingung, apakah anak saya harus diperiksa atau bagaimana? Terimakasih.

Eva (Perempuan menikah, 30 tahun)
moet_XXXXX@yahoo.co.id
Tinggi badan 165 cm, berat badan 165 kg

Jawaban

Selamat siang Bu Eva,

Mbak Eva tidak melampirkan informasi jenis kelamin anak Mbak. Untuk bisa memantau pertumbuhan anak Mbak Eva, Mbak Eva bisa memantaunya melalui growth chart atau kartu pertumbuhan. Dengan usia 11 bulan dan berat badan 7,8 kg ini sebenarnya masih dalam kondisi normal. Mbak Eva sudah melakukan dengan baik mulai memberikan MPASI di usia bayi 6 bulan dan tetap memberikan ASI. Teruskanlah menyusui sampai minimal 2 tahun karena ASI masih tetap mengandung energi, gizi dan anti infeksi yang sangat penting dan dalam jumlah yang signifikan bahkan pada tahun kedua.

Untuk mendapatkan MPASI yang berkualitas, perhatikan frekuensi pemberian makannya, jumlah/banyaknya makanan, tekstur makanan, dan juga keanekaragaman makanan (gizi seimbang). Hal ini penting karena bayi di atas 6 bulan membutuhkan tambahan gizi untuk pertumbuhannya.

Usia 11 bulan sampai 36 bulan merupakan usia dimana anak mempunyai aktivitas yang tinggi sehingga membutuhkan banyak kalori. Berikanlah makanan dari sumber hewani setiap hari. Tawarkan 2 kali makanan ringan sehat seperti buah atau sayuran potong, roti, kentang, ubi dll. Hindari pemberian selingan dekat dengan waktu makan agar tidak mengganggu pola makannya. Hindari pemberian makanan selingan yang mengandung banyak gula dan garam karena dapat merusak selera makan dan pola makan serta meningkatkan resiko obesitas dan gangguan kesehatan lainnya. Selalu membiasakan anak mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Dari informasi Mbak Eva saat ini bayi Anda juga mengonsumsi susu formula. Sebaiknya susu formula tidak dikonsumsi melebihi 500 ml/hari karena akan mengenyangkan anak dan menurunkan nafsu makan. Susu tidak wajib, berikan variasi bahan makanan sumber kalsium dan protein lain.

Semoga informasinya bermanfaat

Salam

Ika
Konselormenyusui IKMI

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit