detikhealth

Konsultasi Tulang
dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi, Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine and Arthroscopy.

Wanita Muda yang Mengeluh Linu pada Tulang Tiap Kali Cuaca Dingin

Suherni - detikHealth
Kamis, 24/04/2014 14:48 WIB
Wanita Muda yang Mengeluh Linu pada Tulang Tiap Kali Cuaca DinginIlustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Kenapa ya Dok kalau cuaca dingin tulang-tulang saya sering linu?

Ria Sari Damayanti (Wanita lajang, 24 tahun)
sariria444XXXX@yahoo.com
Tinggi badan 151 cm, berat badan 40 kg

Jawaban

Mbak Ria,

Keluhan nyeri sendi yang dirasakan saat udara dingin, sangat banyak dikeluhkan oleh pasien. Keadaan ini bukan disebabkan oleh udara dingin/ musim hujan itu sendiri, melainkan karena terjadinya perubahan tekanan udara (barometrik) di saat udara dingin/musim hujan itu, yaitu tekanan udaranya menurun. Pada saat terjadi penurunan tekanan udara tersebut, jaringan tubuh mengembang (ekspansi). Mengembangnya jaringan inilah yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri. Bila kondisi ini yang terjadi maka terapinya adalah membuat perubahan tekananan udara menjadi tidak terlalu besar bagi tubuh Anda, yaitu masuk ke dalam ruang yang hangat atau menutup tubuh dengan pakaian tebal/hangat.

Untuk mendiagnosis kemungkinan keluhan ini disebabkan oleh hal yang lain, selain informasi yang sudah disampaikan, kami perlu melakukan pemeriksaan laboratorium serta pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang terhadap persendian Anda. Pemeriksaan laboratorium meliputi pemeriksaan darah. Pemeriksaan fisik meliputi beberapa pemeriksaan, yaitu bertujuan untuk mengetahui rentang gerak sendi dan mengevaluasi stabilitas sendi Anda. Pemeriksaan penunjang terhadap persendian, meliputi: foto rontgen (xray) bertujuan untuk mengetahui kondisi tulang/sendi, Magnetic Resonance Imaging (MRI) bertujuan untuk mengetahui keadaan struktur jaringan lunak/non tulang.

Pemeriksaan-pemeriksaan ini diperlukan untuk mengetahui penyebab (mendiagnosis) keluhan Anda sehingga dapat dilakukan perencanaan terapi yang tepat dan adekuat.

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi

Spesialis Orthopaedi & Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine & Arthroscopy. Dosen Tetap di Fakultas Kedokteran Unika Widya Mandala Surabaya. Anggota dari: Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Bedah Orthopaedi Indonesia (PABOI), Indonesian Orthopaedic Society for Sports Medicine & Arthroscopy (IOSSMA)
Praktik: Klinik Spesialis Bethany Care, Jl. Nginden Intan Timur I/ 29, Surabaya, Telp 031-5912727 (hunting)
Siloam Hospitals Surabaya
Jl. Raya Gubeng 70, Surabaya
Telp (031) 503 1533
Follow twitter @doktertulangku

(hrn/vta)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close