detikhealth

Konsultasi Tulang
dr Benedictus Megaputera, MSi, SpOT

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi, Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine and Arthroscopy.

Cara Agar Tubuh Tak Bungkuk Meski Duduk di Depan Komputer

Suherni - detikHealth
Selasa, 23/09/2014 16:15 WIB
Cara Agar Tubuh Tak Bungkuk Meski Duduk di Depan KomputerIlustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Salam dr Ega, bagaimana sih cara mempertahankan postur tubuh kita agar tidak bungkuk dan menghindari nyeri pinggang? Karena setiap hari saya kan duduk di depan komputer. Tanpa disengaja itu posisi saya sering 'merosot'.

Liani (Wanita lajang, 24 tahun)
masitalianiXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 169 cm, berat badan 57 kg

Jawaban

Salam juga Mbak Liani,

Untuk mendapatkan postur yang baik saat duduk di kantor, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Kursi
Sebaiknya menggunakan kursi yang dilengkapi dengan sandaran punggung dan sandaran tangan dengan alas duduk yang nyaman, tidak terlalu keras. Sandaran tangan dipilih yang dapat menopang siku dan bahu dengan relaks. Siku membentuk sudut antara 90 derajat-120 derajat terhadap lantai. Pilihlah juga kursi yang stabil dan dapat diatur ketinggiannya (height adjustable) dan kursi tersebut dilengkapi dengan roda yang dapat menggelinding dengan baik.

2. Posisi duduk
- Posisi Tegap
Hal ini dapat dicapai dengan meletakkan pantat di bagian belakang alas duduk (bukan di tengah, apalagi di depan alas duduk), kemudian bersandar secukupnya.

- Ketinggian dan Posisi Alas Meja
Ketinggian meja yang baik adalah setinggi siku dan memungkinkan meletakkan tangan di atas meja dengan membentuk sudut siku antara 90 derajat-120 derajat terhadap lantai.

Terdapat perbedaan posisi alas meja antara yang digunakan untuk membaca atau menulisdengan yang digunakan untukmengetik.

Posisi alas meja untuk membaca atau menulis, sebaiknya membentuk sudut antara 15 derajat-30 derajat terhadap lantai agar saat membaca atau menulis, otot leher dan punggung dalam keadaan tetap relaks.

Sementara posisi alas meja untuk mengetik, cukup datar saja.

- Sandaran Kaki
Untuk mendapatkan posisi relaks, sering kali menyebabkan kaki terpaksa harus melayang, tidak menyentuh lantai. Oleh karena itu perlu ditambahkan sandaran kaki yang ketinggiannya disesuaikan dengan posisi kaki pada saat telah mencapai keadaan relaks tersebut.

- Posisi Monitor Komputer
Bila bekerja menggunakan komputer, aturlah posisi layar monitor tepat di depan kita, setinggi mata (eye level) dan hindari meletakkannya di suatu tempat yang membuat kepala, leher dan punggung kita harus miring dan berpaling ke kiri atau ke kanan.

3. Peregangan dan Penguatan Otot (Muscles Stretching & Strengthening)
Lakukan peregangan otot (stretching) setiap 1 jam anda bekerja, yaitu selama 15 menit. Peregangan otot (stretching) meliputi otot: leher, punggung, bahu, lengan, tangan, tungkai, kaki.

Untuk memiliki ketahanan otot yang baik, maka latihlah kekuatan otot-otot tersebut secara teratur. Otot-otot yang terlatih akan semakin kuat juga dalam menopang tubuh dalam mempertahankan posisi duduk saat bekerja, sehingga tidak mudah mengalami kelelahan.

Benedictus Megaputera, dr.SpOT, MSi

Spesialis Orthopaedi & Traumatologi, Sub Spesialis Sports Medicine & Arthroscopy. Dosen Tetap di Fakultas Kedokteran Unika Widya Mandala Surabaya. Anggota dari: Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Ahli Bedah Orthopaedi Indonesia (PABOI), Indonesian Orthopaedic Society for Sports Medicine & Arthroscopy (IOSSMA)
Praktik: Klinik Spesialis Bethany Care, Jl. Nginden Intan Timur I/ 29, Surabaya, Telp 031-5912727 (hunting)
Siloam Hospitals Surabaya
Jl. Raya Gubeng 70, Surabaya
Telp (031) 503 1533
Follow twitter @doktertulangku


(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit