detikhealth

Sarah Klaim Minum 3 Liter Air Putih Tiap Hari Bikin Dirinya Awet Muda

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Senin, 15/12/2014 09:06 WIB
Sarah Klaim Minum 3 Liter Air Putih Tiap Hari Bikin Dirinya Awet Muda
Jakarta, Guna menjaga penampilannya tetap sehat, segar, dan awet muda, masing-masing orang pasti punya caranya tersendiri. Seperti Sarah Smith (42) yang mengklaim dirinya telah menemukan resep murah meriah agar awet muda dengan minum 3 liter air sehari.

Dikatakan ibu dua anak ini, minum lebih banyak air putih telah berhasil membuatnya lebih muda sepuluh tahun. Dalam sehari, Sarah mengaku rutin mengonsumsi tiga liter air. Sebelumnya, Sarah mengidap sakit kepala berkepanjangan dan pencernaan yang tidak lancar.

Setelah berkonsultasi dengan dokter neurologi dan ahli gizi, ia pun memutuskan untuk menjalani eksperimen rutin minum air 3 liter dalam sehari selama satu bulan. Hal itu ia lakukan setelah membaca survei terakhir yang menemukan bahwa satu dari lima wanita di Inggris mengonsumsi air kurang dari jumlah yang dianjurkan. Saat itulah Sarah sadar bahwa air sangat penting untuk menjaga kesehatan.

"Setiap sistem dan fungsi tubuh kita tergantung pada air. Air berguna untuk menghilangkan racun-racun dari organ utama, membawa nutrisi ke sel, dan menyediakan pelembab bagi area telinga, hidung, jaringan di tenggorokan, dan pastinya menyingkirkan segala sampah di tubuh kita," tutur Sarah.

Ia menambahkan, lingkaran hitam di bawah dan sekitar mata serta keriput di wajah merupakan efek samping aneh dari dehidrasi. Kulitnya pun terlihat tidak berkilau dan tampak seperti orang meninggal. Olah karena itu, tidak minum cukup air bisa membuat fungsi organ tubuh terganggu.

"Maka dari itu saya memutuskan untuk melihat bagaimana tampilan saya dan apa yang saya rasakan ketika saya minum 3 liter air setiap hari selama satu bulan. Ternyata hasilnya sangat menakjubkan," tambah Sarah, dikutip dari Daily Mail, Senin (15/12/2014).

Menanggapi hal ini, spesialis kulit Joshua Zeichner, MD mengatakan bahwa belum ada data meyakinkan bahwa mengonsumsi delapan gelas air putih perhari benar-benar memperbaiki tekstur kulit. Namun, Zeichner menekankan jika menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik akan sangat bermanfaat.

"Jika tubuh dehidrasi, kulit memang akan terlihat kusam, keriput, dan kering. Semakin bertambah usia, kemampuan kulit menahan air makin berkurang sehingga Anda harus selalu memastikan tubuh mendapat asupan air yang cukup," pungkas Zeichner.

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit