detikhealth

Tubuh Pendek

Selain Hormon, Tumor Hipotiroid dan Kelainan Gen Bisa Picu Dwarfisme

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 14/01/2015 09:07 WIB
Selain Hormon, Tumor Hipotiroid dan Kelainan Gen Bisa Picu Dwarfisme
Jakarta, Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang menjadi pendek karena terkena dwarfisme. Kurangnya hormon pertumbuhan adalah salah satu penyebab utamanya, tetapi sebenarnya bukan hanya karena itu saja.

Ada beberapa penyakit yang dikatakan oleh para dokter dapat menyebabkan dwarfisme. dr Wismandari Wisnu, SpPD-KEMD, dari FKUI-RSCM mengatakan penyakit seperti hipotiroid dan tumor hipofisis yang juga dapat menyebabkan hormon pertumbuhan terganggu.

Jika tumor terjadi pada anak, tumbuh kembangnya bisa jadi tidak sempurna sehingga berdampak pada tinggi anak nantinya saat dewasa.

"Yang hipofisis ini ada yang pernah saya temui sekitar usia 15-16 tahunan. Kalau dikarenakan tumor, ya nanti baiknya sih diangkat aja tumornya," kata dr Wismandari ketika dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (14/1/2015).

Selain karena tumor, faktor genetik juga bisa berpengaruh menyebabkan dwarfisme. Di Indonesia kasus dwarfisme dikatakan oleh dr Wismandari tidak banyak dan sebagian besar diakibatkan oleh faktor genetik tersebut.

dr. Em Yunir, SpPD, KEMD, dari Divisi Metabolik Endokrin FKUI mengatakan dwarfisme tersebut biasanya bisa dibedakan dari penyebabnya. Jika tubuh pendek karena masalah hormon akibat hipofisis biasanya pertumbuhan akan terganggu namun tetap proporsional. Pada dwarfisme akibat kelainan gen, hanya beberapa anggota tubuh yang terpengaruh saja yang lambat tumbuhnya sehingga bentuk tubuh terlihat tidak seimbang.

"Kalau yang seperti Ucok Baba itu, disebabkan adanya kelainan genetik, ada gen yang tidak sempurna, sehingga pertumbuhan tulang-tulangnya tidak merata. Sementara yang seperti Daus Mini itu, dwarfisme proporsional dikarenakan hormon pertumbuhan," tutup dr Yunir.


(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit