detikhealth

Ibu Kecanduan Alkohol Saat Hamil, Claire Alami Gangguan Fisik dan Mental

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Minggu, 01/02/2015 10:02 WIB
Ibu Kecanduan Alkohol Saat Hamil, Claire Alami Gangguan Fisik dan MentalLinda McFadden dan Claire (Foto: ITV This Morning)
Jakarta, Selama hamil, Linda McFadden tetap melanjutkan kebiasaannya minum alkohol bahkan sampai 8 kaleng sehari. Siapa sangka, kebiasaan Linda tersebut justru berdampak buruk pada kehidupan putrinya yang mengalami gangguan mental dan fisik.

Saat lahir, putri Linda yang bernama Claire hanya berbobot 0,9 kg. Ia didiagnosis mengalami Foetal Alcohol Syndrome (FAS) yang terjadi karena bayi kekurangan oksigen dan nutrisi selama di kandungan akibat kadar alkohol yang sangat tinggi di dalam darah ibu.

Baca juga: Kisah Sophie, Kehilangan 2 Bayinya yang Baru Lahir Gara-gara Rokok

Kondisi ini menyebabkan terhambatnya pertumbuhan materi putih pada otak hingga Claire pun kesulitan belajar. Claire yang saat ini berusia 20 tahun pun mengalami kelainan bentuk wajah, bibir yang tipis, dan kepala yang kecil. Atas apa yang terjadi pada putrinya pun Linda mengaku terus merasa bersalah.

"Sejak hamil anak pertama, Sarah, saya memang sudah minum alkohol. Tapi ternyata akibat buruk justru dialami Claire. Saat hamil, saya diam-diam minum alkohol yang disimpan di pojok dapur. Sekarang saya merasa sangat bersalah," tutur Linda dalam acara ITV This Morning, dan dikutip pada Minggu (1/2/2015).

Linda yang kini berusia 44 tahun sudah kecanduan alkohol sejak usia 17 tahun. Bahkan saat hamil kedua anaknya pun ia tak bisa menyingkirkan kebiasaan ini. Akibatnya, Claire lahir dengan berat badan sangat rendah lewat operasi caesar. Butuh waktu 9 bulan bagi Claire mencapai bobot bayi baru lahir yang normal.

Baca juga: Biasa Sarapan Vodka, Wanita Ini Beri Tahu Bahaya Kecanduan Alkohol

"Dulu tiap saya dengan ibu bicara alkohol, saya selalu marah dan menyalahkan ibu atas kondisi saya. Tapi makin ke sini saya berusaha menerima kondisi itu dan tidak lagi menyalahkan ibu. Meski saat bersosialisasi saya sering merasa minder," kata Claire.

Berangkat dari apa yang ia alami, Linda sangat mengimbau bagi wanita yang kecanduan alkohol segeralah berhenti dari kebiasaan itu. Apalagi, jika mereka berencana ingin punya anak. Hal serupa diutarakan Dr Dawn Harper bahwa wanita yang memiliki masalah kecanduan alkohol sebaiknya jangan berdiam diri.

"Carilah bantuan untuk mengatasai masalah itu. Sebab, jumlah bayi yang lahir dengan FAS selama tiga tahun terakhir meningkat hampir 40%. Hal terpenting adalah masa depan anak Andalah yang jadi taruhannya ketika Anda masih kecanduan alkohol," kata Dr Harper.

(rdn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit