detikhealth

Agar Tetap Diam Selama Proses Scan MRI, Anak-anak Ini Diberi Video Game

Ajeng Annastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 23/02/2015 07:33 WIB
Agar Tetap Diam Selama Proses Scan MRI, Anak-anak Ini Diberi Video GameFoto: CBC News
Nova Scotia, Kanada, Dalam proses pemindaian Magnetic Resonance Imaging (MRI), pasien diharuskan untuk tetap diam dan tenang. Pasien dewasa mungkin bisa lebih mudah diberi perintah. Nah, bagaimana dengan pasien anak-anak?

Beberapa anak biasanya mudah menerima perintah untuk tetap diam selama proses pemindaian, sehingga tidak perlu diberikan tindakan apapun. Namun ada pula anak-anak yang tak bisa diam, sehingga kadang diperlukan pemberian anestesi.

Pemberian anestesi ini menurut psikolog klinis di IWK Health Centre, Kanada, Dr Jill Chorney, cukup merepotkan. Selain bisa memberikan efek samping ringan, dari segi biaya dan waktu tunggu juga lebih banyak. Akhirnya ia pun mencoba cara unik untuk menjaga agar pasien anak-anak tetap diam selama proses pemeriksaan MRI.

Baca juga: Malfungsi, Dua Staf RS Nyangkut di Mesin MRI Selama 4 Jam

Ia memanfaatkan video game untuk pasien anak-anak berusia 5-11 tahun di rumah sakit tempatnya bekerja. Video game berjudul "Don’t Stumble, Tumble," ini rencananya akan bisa dimainkan di iPad yang layarnya dipasangkan di bagian atas mesin MRI.

Tombol kontrolnya pun cukup menggunakan jari sehingga anak-anak bisa tetap berbaring seperti seharusnya dan tak akan terganggu atau bergerak.

Dalam game ini, pasien anak-anak akan memainkan tokoh seekor monyet yang menyeimbangkan sebuah ember berisi air di kepalanya. Pasien diminta untuk mengontrol gerakan si monyet agar ember tersebut tidak terjatuh. Jika ember terjatuh dan airnya tumpah, maka permainan akan berakhir dan otomatis terulang kembali tanpa perlu pasien tersebut bergerak atau terbangun.

"Saya berharap video game ini bisa dimanfaatkan oleh pasien anak-anak yang akan menjalani MRI. Semoga layar video game ini bisa segera dipasangkan di mesin MRI agar mulai secepatnya bisa dimanfaatkan oleh pasien anak-anak," ungkap Chorney, seperti dikutip dari CBC News, Senin (23/2/2015).

Baca juga: Ketika Aktivitas Hubungan Intim 'Direkam' Melalui Scan MRI

(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit