detikhealth

Sehat dengan Raw Diet

Mau Terapkan Raw Diet? Begini Cara Memulainya Agar Mudah

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 11/03/2015 15:35 WIB
Mau Terapkan Raw Diet? Begini Cara Memulainya Agar Mudahilustrasi: Thinkstock
Jakarta, Saat Anda memutuskan untuk menerapkan raw diet, penting untuk memerhatikan langkah-langkah awalnya agar tak merasa 'berat di awal'. Langkah ini juga diyakini dapat memudahkan Anda dalam menerapkan metode diet yang satu ini.

"Biasanya ketika seseorang memulai raw food diet, kita kebingungan mau mulai dari mana, apa yang akan kita makan, bagaimana cara menyiapkannya, apa alat-alat yang dibutuhkan, di mana bisa membeli bahan-bahan, apa arti istilah-istilah raw food dan banyak hal baru lainnya, yang membuat kita menjadi kebingungan akan memulai dari mana," tutur salah seorang praktisi raw diet, Deasi Srihandi.

Menurutnya, ada tiga cara sederhana untuk memulai raw diet, di antaranya membuat jus, makan dengan lebih bijaksana, dan mengonsumsi makanan organik.

"Makanan raw dalam bentuk jus sayur dan buah adalah awal pilihan makanan raw yang paling mudah untuk mulai mengonsumsi raw diet. Makanan dalam bentuk jus penuh dengan enzim, vitamin, mineral, mengandung banyak air sekaligus menghidrasi tubuh kita," tutur Deasi.

Selain itu, makanlah dengan lebih bijaksana. Tambahkan makanan sehat secara berkala, entah itu setiap harinya, seminggu sekali, sebulan sekali. Masukan sedikit demi sedikit makanan mentah atau raw ke menu Anda. Dan tanpa kita sadari, kita sudah mengonsumsi lebih banyak raw food. Pilih makanan yang mudah dan Anda senangi.

"Lalu konsumsi makanan organik. Mengapa? Selain lebih sehat tetapi juga lebih ramah lingkungan," tuturnya kepada detikHealth, seperti ditulis pada Rabu (11/3/2015).

Ia menambahkan di awal memutuskan untuk menerapkan raw diet, sebaiknya Anda juga menetapkan tujuannya terlebih dahulu. Misalnya apakah kita ingin lebih bertenaga, ingin sembuh dari penyakit, ingin lebih sehat, atau karena alasan lain. Jika di tengah jalan Anda merasa bosan, tujuan ini yang akan membantu Anda fokus berdiet kembali.

Siapkan juga dapur supaya lebih efisien dalam penggunaannya. "Yang saya dan banyak raw foodie alami, dapur raw food harus memiliki papan talenan yang bagus, idealnya dari kayu. Saya sendiri memilih bahan bambu. Sebaiknya punya juga berbagai jenis pisau yang tajam, blender (jika memungkinkan yang jenis 'very high speed'), dehydrator, nuts grinder, food processor, juicer, dan lain-lain," pesan Deasi.

Jangan lupa juga untuk membuat menu transisi sekaligus daftar belanjanya agar memudahkan kita untuk tidak stres memikirkan apa yang bisa dimakan. Di awal tahap raw diet, pilih resep yang mudah dan lezat agar kita lebih termotivasi untuk mengonsumsi raw food.

Baca juga: Agar Bakteri dan Parasit Tak Ikut Termakan, Ini yang Perlu Diwaspadai

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit