detikhealth

Sehat dengan Raw Diet

Mau Turun Berat Badan Tapi Tetap Sehat dengan Raw Diet? Bisa!

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Rabu, 11/03/2015 17:59 WIB
Mau Turun Berat Badan Tapi Tetap Sehat dengan Raw Diet? Bisa!Illustrasi: Thinkstock
Jakarta, Pola makan yang tepat merupakan salah satu kunci untuk menurunkan berat badan. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki tubuh lebih proporsional dan tubuh yang tetap sehat, metode raw diet bisa dijadikan salah satu pilihan lho.

Disebutkan oleh salah seorang praktisi raw diet di Indonesia, Deasi Srihandi, raw diet bisa dimanfaatkan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Bahkan Deasi mengklaim bahwa raw diet merupakan diet paling mudah dalam menurunkan berat badan.

"Diet raw food adalah diet yang paling mudah dalam menurunkan berat badan, kita tidak perlu bersusah payah menahan nafsu makan, mengurangi porsi makanan atau mengatur waktu makan. Dengan sendirinya berat badan kita akan turun dan menjadi stabil," paparnya kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (11/3/2015).

Menurut wanita yang sudah menjalani raw diet selama 7 tahun terakhir ini, dengan menerapkan raw diet maka di waktu yang bersamaan dengan program penurunan berat badan, kita bisa menikmati makanan sehat dan lezat. "Utamanya kita tidak perlu kelaparan karena harus menahan diri dari makan," imbuhnya.

Baca juga: Jarang Sakit dan Kulit Lebih Sehat, Segudang Manfaat Raw Diet Bagi Tubuh

Definisi raw diet sendiri merupakan pola makan dengan mengonsumsi sayuran, buah, rerumputan, tanaman liar yang bisa dimakan, kacang, biji-bijian dan umbi, serta bahan-bahan lainnya. Cara mengolahnya difermentasi secara mentah atau tidak dimasak melebihi sekitar 42-45 derajat Celcius.

Salah satu keistimewaan dari raw diet adalah tidak mematikan enzim. Faktanya tubuh kita membutuhkan enzim untuk membantu mencerna makanan. Secara alami, tubuh juga memproduksi enzim namun dibutuhkan lebih banyak energi.

"Tubuh bekerja ekstra setiap harinya untuk menjalankan segala fungsi organ, dan salah satunya adalah membuat enzim dan mencerna makanan. Makanya biasanya setelah makan, apalagi makan makanan yang berat misalnya banyak karbohidrat atau banyak sumber hewaninya, kita menjadi lelah dan mengantuk. Tetapi dengan mengonsumsi raw food kita tidak akan mengalami efek samping tersebut," lanjut Deasi.

Baca juga: Begini Triknya Agar Raw Diet Tak Bikin Orang Kurang Protein dan Kalsium

(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit