detikhealth

Aplikasi Kesehatan Ini Dapat Bantu Diagnosa Sakit Tenggorokan

Advertorial - detikHealth
Rabu, 17/06/2015 00:00 WIB
Jakarta, Percaya atau tidak, orang Indonesia ternyata rentan terserang oleh sakit tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh iklim tropis di negara tempat kita tinggal. Selain itu pola makan dan pola hidup tidak sehat yang seringkali diterapkan oleh kita.

Pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, udara lebih kering dengan cuaca yang terkadang tidak menentu. Pada pagi hari cuaca bisa sangat terik tetapi beberapa jam kemudian hujan deras mengguyur. Selain itu lingkungan di sekitar kita pun tidak bersih sehingga bakteri dan virus penyebab penyakit mudah berkembang.

Menu makanan dan pola hidup kebanyakan orang Indonesia juga tidak sehat. Makanan pedas, asam, berminyak, terlalu panas atau terlalu dingin menjadi santapan sehari-hari orang Indonesia. Parahnya lagi sebagian besar dari kita cenderung malas bergerak. Daya tahan tubuh menjadi turun dan bakteri atau virus penyebab sakit tenggorokan.

Gejala awal yang sering dialami adalah gatal atau nyeri pada tenggorokan, suara serak, dan memerah atau membengkaknya bagian dalam tenggorokan. Beberapa kasus sakit tenggorokan juga disertai dengan demam.

Umumnya gejala-gejala ini dapat reda dalam satu minggu. Asalkan diobati dengan benar. Tetapi sayang kebanyakan orang mengabaikan penyakit ini dan menganggapnya sepele. Atau memilih pengobatan yang kurang efektif karena tidak tahu bagaimana cara mengobati yang tepat. Akibatnya sakit tenggorokan semakin parah dan sulit diobati.

Untuk mempermudah mengidentifikasi sakit tenggorokan yang diderita dan mempermudah menentukan langkah pengobatan, saat ini ada aplikasi mobile untuk membantu Anda. Aplikasi tersebut bernama “Strepsils How’s Your Throat Today”.

Melalui aplikasi ini Anda dapat mendiagnosa sakit tenggorokan dengan cepat melalui cek suara dan foto tenggorokan. Selain itu terdapat juga fitur “Ask The Expert” yang memungkinkan Anda berkonsultasi dengan para ahli, informasi mitos dan fakta seputar sakit tenggorokan, serta perkiraan cuaca terkini. Aplikasi ini tersedia untuk smartphone Android dan smartphone bersistem operasi iOS. Anda dapat mengunduhnya di Apps Store atau Google Play Store.

Sementara Anda mengeksplorasi aplikasi tersebut, lakukan langkah pertolongan pertama untuk meredakan sakit tenggorokan Anda. Salah satu cara yang efektif adalah dengan tablet hisap pereda sakit tenggorokan (lozenges).

Salah satu tablet hisap yang sudah dikenal efektif dan dapat dengan mudah ditemui di pasaran adalah Strepsils. Setiap tablet Strepsils memiliki kandungan amyl meta cresol (0.6 mg) yang berguna sebagai antiseptik dan dibenal yang dapat menyembuhkan infeksi ringan pada tenggorokan. Selain itu mengandung levomenthol yang dapat meredakan rasa sakit atau gatal.

Ketika tablet dihisap, air liur akan terstimulasi dan membawa kedua kandungan tersebut. Kemudian kedua kandungan tersebut bekerja melapisi tenggorokan dengan cepat yaitu hanya 5 menit saja. Efek baik akan terasa kurang lebih hingga dua jam setelah tablet habis.

Strepsils memiliki banyak varian. Beberapa di antaranya Strepsils Original dengan rasa peppermint, Strepsils Soothing dengan rasa lemon, Strepsils Cool yang membuat tenggorokan dingin, Strepsils vitamin C dengan kandungan 1000 mg vitamin C, Strepsils Sugar Free dan Strepsils Children yang aman untuk anak.



(adv/adv)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit