detikhealth

Wanita Ini Buat Liontin dan Cincin dari ASI dan Plasenta

Rahma Lilahi Sativa - detikHealth
Kamis, 09/07/2015 08:11 WIB
Wanita Ini Buat Liontin dan Cincin dari ASI dan Plasenta
Adelaide, Saat buah hati tumbuh dewasa, baju, sepatu atau mainan selalu menjadi kenang-kenangan yang berarti bagi ibu manapun. Namun wanita yang satu ini mengambil peluang dengan memanfaatkan ASI atau plasenta dan 'menyulapnya' menjadi perhiasan yang dapat dipakai sang bunda.

Awalnya Amy McGlade hanya hobi membuat perhiasan untuk dirinya sendiri. "Setelah kelahiran anak kedua, saya mengumpulkan seluruh barang tentangnya ke dalam sebuah kotak. Saya berpikir mungkin suatu saat nanti saya akan membuat sesuatu yang indah dari barang-barang ini untuk kenang-kenangan," katanya.

Dari barang-barang itu, Amy lantas membuat gelang yang ia pakai sendiri. Tak disangka Amy melihat peluang bisnis dari hal ini. Ia berkreasi dengan menciptakan berbagai perhiasan unik dengan bahan dari ASI (air susu ibu) dan plasenta.

Baca juga: Cuaca Panas, Ibu Ini Bikin Es Loli ASI untuk Camilan Bayinya

Baik ASI maupun plasenta dapat diubah oleh Amy menjadi cincin, manik-manik, gelang, liontin, anting-anting dan mutiara buatan. Ia juga bisa membuat perhiasan dari abu bayi yang telah meninggal agar kenangan tentangnya dapat terus disimpan oleh sang ibu.

"Tergantung permintaan konsumen juga, apa perhiasan yang mereka suka. Yang pasti mereka bisa menyimpannya selama bertahun-tahun," kata Amy seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (9/7/2015).

Bisnis ini kemudian ditekuni oleh Amy yang dulunya seorang bidan. Ia mendirikan Baby Bee Hummingbirds di tahun 2014, dan saat ini ia hanya fokus untuk menjalankan perusahaan dan mengurus keempat anaknya.

"Kami hanya meminta konsumen untuk mengirimkan sedikit plasenta saja. Lalu tinggal saya tambahkan dengan resin, dan dibentuk sesuai keinginan," terang Amy tentang cara pembuatan perhiasan dari ASI dan plasenta bayi.

Namun dari sekian banyak produk yang ia hasilkan, ibu yang tinggal di Adelaide, Australia ini mengaku yang paling populer di kalangan konsumennya adalah batu permata dari ASI. Dan sebagai bentuk pengembangannya, Amy mengaku juga bisa membuatkan batu yang sama dari susu formula.

"Ada ibu-ibu yang tidak menyusui tetapi ingin memiliki perhiasan sejenis, jadi saya membuatkan batu permata dari campuran sebagian ASI-nya yang tersisa dengan susu formula," paparnya.

Ada juga yang sayang membuang ASI-ASI simpanannya dalam freezer, kemudian mengirimnya ke Amy untuk disulap menjadi perhiasan lucu. 'Mereka sangat terkesan dengan apa yang bisa diciptakan dari bahan-bahan ini," pungkasnya.

Baca juga: Patut Dicoba, Berbagai Cara Alami untuk Bantu Tingkatkan Produksi ASI



(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit