detikhealth

Di Jepang Ada Klub Petarung untuk Kaum Disabilitas

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 02/10/2015 07:32 WIB
Di Jepang Ada Klub Petarung untuk Kaum DisabilitasFoto: BBC
Tokyo, Dog Leg, itu lah nama klub petarung di Jepang yang menjadi sorotan dokumentasi oleh BBC. Shintaro Yano (46), pria dengan celebral palsy adalah tokoh utama yang menjadi penggagas terbentuknya klub ini.

Sejarah terbentuknya klub dimulai pada tahun 1995 setelah Shintaro terlibat perkelahian dengan orang disabilitas lainnya dan ia mulai menyadari betapa menyenangkannya kontes fisik ketika bergumul. Pemicu perkelahian saat itu karena memperebutkan wanita.

Bersama sahabat yang juga sekaligus pendampingnya, Shintaro mendirikan Dog Leg. Seiring berjalannya waktu kini ada 40 petarung di dalam klub dan yang sebagian besar terdiri dari orang dengan disabilitas dan sebagian kecil pendamping.


Dog Leg (foto: BBC)


Baca juga: Jangan Salah, Terapis Terbaik untuk Anak dengan Disabilitas Adalah Keluarga

Mulai dari multiple sclerosis sampai ke gangguan mental, para petarung diberikan kesempatan yang sama untuk membuktikan diri di atas ring. Yuki Nakajima adalah salah satu petarung yang memiliki kanker dan alami depresi parah.

Di luar ring anggota komunitas saling dekat satu sama lain. Mereka sering bercanda tentang kecacatan dan juga saling mengejek dalam usaha merangkul bersama kesulitan dalam hidup.

"Ketika saya pertama kali memberi tahu saya punya kanker. Shintaro memandang saya dan berkata 'berikan dia bir'... Rasanya menyenangkan. Sangat Dog Leg," kata Nakajima seperti dikutip dari BBC pada Jumat (2/10/2015).

Heath Cozens, jurnalis BBC yang membuat film dokumentasi mengaku awalnya cukup terkejut ketika melihat klub petarung disabilitas. Ia tak tega melihat orang dengan kepayahan berusaha saling mengalahkan satu sama lain.

"Awalnya saya terkejut sampai ingin tertawa. Tapi kemudian saya merasa tak enak dan malu dengan diri saya sendiri. Saya tak bisa menebak apakah ini eksploitasi, hiburan, atau bentuk kesetaraan," pungkas Cozens.

Baca juga: Inspiratif! Meski Lumpuh, Henry Bisa Bikin Lukisan dengan Mulutnya


(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit