detikhealth

True Story

Kenadie, Bocah 12 Tahun yang Tubuhnya Seperti Balita 2 Tahun

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Selasa, 03/11/2015 15:01 WIB
Kenadie, Bocah 12 Tahun yang Tubuhnya Seperti Balita 2 TahunFoto: Ruarridh Conellan / Barcroft USA
Ontario , Saat lahir, bocah perempuan bernama Kenadie Jourdin-Bromley ini memiliki berat 1,1 kg dan panjang sekitar 28 cm. Tim medis bahkan mengatakan Kenadie yang kerap dijuluki 'thumbelina' itu hanya bisa bertahan hidup selama beberapa hari.

Menurut dokter, Kenadie kemungkinan mengalami kerusakan otak sehingga harapan hidupnya tipis. Saat itulah, sang ibu Brianne Jourdin (36) dan si suami memutuskan Kenadie untuk dibaptis sesaat setelah ia lahir. Namun, kini nyatanya Kenadie bisa bertahan hidup sampai usia 12 tahun.

Saat berusia 8 bulan Kenadie didiagnosis dwarfisme primordial yang memengaruhi pertumbuhan tubuhnya. Kini, di usia 12 tahun, Kenadie hanya memiliki tinggi 91 cm. Meski memiliki kesulitan belajar dan tulang yang rapuh, Kenadie adalah bocah yang aktif. Dia rutin bermain hoki, berenang, bahkan semangat ke sekolah.

Baca juga: Harleigh Jackson, Si 'Thumbelina' di Kehidupan Nyata

"Awalnya kami membayangkan akan segera kehilangan Kenadie maka dari itu kami segera membatisnya. Sekarang, dengan berat 9 kg Kenadie masih bisa menggunakan pakaian ukuran balita. Tapi, dia memiliki kehidupan sosial yang cukup sibuk. Dia ikut kelas ice skating, berenang, dan bermain dengan teman-temannya," tutur Brianne.

Bahkan, dalam keseharian, Kenadie kerap dikira adik saudara lelakinya, Tyran. Wajar saja, sebab Tyran yang sebenarnya adik Kenadie memiliki tubuh yang lebih tinggi dan lebih besar. Melihat sang putri bisa bertahan sampai usia 12 tahun membuat Brianne dan sang suami bangga.

"Setiap kami melihat ia berhasil main ice skating, pergi ke sekolah, kami menangis. Membesarkan dan merawat dia sampai saat ini tidak mudah bagi kami, penuh perjuangan," lanjut Brainne, dikutip dari Daily Mail pada Selasa (3/11/2015).

Kenadie sendiri dikenal sebagai anak yang baik hati, ramah pada semua orang dan senang berbagi. Dalam keseharian, Kenadie termasuk sosok bocah yang mandiri, penuh semangat, dan punya tekad kuat. Meski begitu, ada beberapa kondisi medis yang bisa saja dialaminya. Sebab, tulangnya amat rentan dan rapuh. Kenadie juga berisiko tinggi mengalami scoliosis dan aneurisma.

Baca juga: Tak Semua Orang Pendek Pasti Dwarfisme, Ini Ciri-cirinya


(rdn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit