detikhealth

Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr. Michael Triangto, SpKO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)

Rutin Berolahraga, Kenapa Orang Bisa Lemah Jantung?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 09/11/2015 15:15 WIB
Rutin Berolahraga, Kenapa Orang Bisa Lemah Jantung?Ilustrasi: Thinkstock
Jakarta, Apa dengan berolahraga rutin bisa memberikan kesehatan? Namun kenapa orang bisa lemah jantung meski rutin olahraga? Apakah ada kaitannya dengan olahraga?

Yusran (Pria, 29 tahun)
yusran.XXXXX@gmail.com
Tinggi 169 cm, berat 60 kg

Jawaban

Mas Yusran, olahraga yang rutin dapat dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan derajat kesehatan bilamana dilakukan secara terprogram, terukur, teratur, berkesinambungan dan benar. Saya tekankan lagi kata 'bilamana dilakukan secara terprogram, terukur, teratur, berkesinambungan dan benar' karena banyak yang berolahraga secara teratur bukan memperoleh kesehatan tapi cedera, celaka bahkan meninggal saat berolahraga.

Dengan demikian, bila kita sudah berlatih namun tidak dengan cara yang benar maka hal ini dapat membahayakan jiwa pelakunya. Karena itu saya selalu meminta pasien saya untuk menentukan tujuan dari setiap olahraga yang dilakukan yaitu untuk keperluan prestasi, 'fun' atau kesehatan.

Baca juga: Mau Olahraga Pagi atau Sore? Ini 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

- Bila kita tujukan untuk prestasi maka kita dituntut untuk melakukannya habis-habisan / no pain no gain dan hal tersebut berarti siap untuk tidak memperoleh fun (terkadang atlet saya harus menangis karena terlalu lelah berlatih) dan juga mengalami cedera atau gangguan kesehatan.
- Bila ditujukan untuk memperoleh fun maka lupakan yang namanya prestasi dan kesehatan karena tidak akan kita memperoleh prestasi dan kesehatan dengan hanya berlatih seminggu, sebulan ataupun setahun sekali karena mengikuti 'company gathering'.
- Sebaliknya jika kita bermaksud berolahraga sehat maka kita juga tak akan memperoleh prestasi ataupun fun hanya dengan melakukan berbagai latihan ringan seperti jalan sehat, namun dengan latihan ini kita memperoleh parameter kesehatan yang lebih baik.

Baca juga: Jangan Takut, Pengidap Asma Masih Boleh Olahraga Kok!

Istilah 'jantung lemah' sebagaimana yang dipahami oleh masyarakat adalah ketidakmampuan untuk beraktivitas fisik yang sedikit melebihi biasanya misalnya saat menaiki tangga sebanyak tiga lantai lalu jantung menjadi berdebar-debar dan nafas terengah-engah.

Di dalam dunia kedokteran olahraga kondisi ini yang disebut sebagai kurang bugar ataupun kurang fit dan dapat diatasi bilamana Anda melakukan olahraga berjenis aerobik dan olahraga beban secara teratur.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit