detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Memulihkan Lutut yang Kaku Pasca operasi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 04/02/2016 15:14 WIB
Memulihkan Lutut yang Kaku Pasca operasiIlustrasi: Thinkstock
Jakarta, Halo Dokter, saya dulu pernah kecelakaan dan mengalami patah tulang paha kiri pada umur 7 tahun. Ketika itu patah, paha kiri saya memendek, akhirnya dioperasi untuk meluruskan kembali posisi tulang paha saya. Setelah selesai dioperasi, dokternya menginstruksikan untuk di-gips. Lama gips itu di kaki saya kurang lebih 3 bulan, dalam 3 bulan itu, 1 kali gips setelah selesai operasi dan 1 kali dibuka dan diganti kembali gips-nya. Ukuran gips-nya dari paha sampai ujung jari kaki.

Akibatnya Dok, lutut kiri saya tidak bisa ditekuk sampai sekarang (kaku). Padahal tidak ada masalah saat itu pada lutut saya, dan dibuktikan sendiri dokter yang menangani saya saat itu kalau lutut saya baik-baik saja dengan hasil rontgen.

Pertanyaan saya Dokter, kira-kira masih bisa dibetulkan kembali masalah pada lutut saya?
1. Dengan cara bagaimana menanganinya?
2. Berapa biayanya, jika saya umum?
3. Apa masih bisa dengan umur saya yang sekarang?
4. Berapa lama masa pemulihannya hingga saya bisa berjalan normal kembali?
5. Ada efeknya bagi kesehatan saya ke depannya? Mohon penjelasannya Dokter. Terimakasih.

Iwan (Pria, 26 tahun)
iwanmend2XXXXX@gmail.com
Tinggi 160 cm, berat 63 kg

Jawaban

Iwan,

Kaku pada sendi sangat mungkin timbul pada sendi yang tidak digerakkan (imobilisasi) dalam waktu lama, misalnya karena harus berbaring (bedrest) atau karena memang diperlukan imobilisasi untuk penyembuhan patah tulang yang berdekatan dengan sendi tersebut (contohnya pemasangan gips).

Penyebabnya antara lain karena terjadi kontraktur (pemendekan jaringan lunak) di sekitar sendi seperti otot dan selubung sendi. Bisa juga timbul jaringan fibrosis akibat cederanya, sehingga menghambat pergerakan dari dalam sendi. Memang dengan foto rontgen biasa tidak akan tampak kelainan.

Masalah ini bisa ditangani secara fisioterapi atau pembedahan. Pada umumnya harus dimulai dengan fisioterapi, untuk meregangkan jaringan yang mengalami kontraktur. Apabila tidak menunjukkan perkembangan, bisa dipertimbangkan tindakan operasi/pembedahan, misalnya untuk membersihkan jaringan fibrosis di dalam sendi atau melakukan pembebasan jaringan yang mengalami kontraktur (pemendekan) tersebut. Untuk biaya silakan berkonsultasi dahulu ke dokter spesialis orthopaedi, untuk kemudian ditanyakan ke bagian informasi rumah sakit tujuan.

Dengan usia Anda yang relatif muda 26 tahun, tentu masih dimungkinkan untuk terjadi perbaikan. Namun tentu keberhasilan terapi akan berbeda-beda untuk setiap orang, banyak faktor yang mempengaruhinya. Lamanya pemulihan juga bervariasi, rata-rata antara 2 sampai 6 bulan.

Masalah ini tidak akan menimbulkan masalah bagi kesehatan secara umum, tapi mungkin dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, dan bisa mempercepat timbulnya osteoartritis (radang sendi) pada lutut.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit