detikhealth

Selain Air Putih Plus Lemon, 3 Minuman Ini Juga Bantu Turunkan Bobot Lho

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Sabtu, 27/02/2016 12:03 WIB
Selain Air Putih Plus Lemon, 3 Minuman Ini Juga Bantu Turunkan Bobot LhoFoto: thinkstock
Jakarta, Minum air hangat ditambah perasan lemon di pagi hari sering disarankan bagi orang yang hendak menurunkan berat badan. Selain meningkatkan metabolisme, kandungan vitamin C pada lemon juga bisa membuat tubuh lebih segar.

Meski demikan, bukan berarti tidak ada alternatif minuman lain yang bisa dikonsumsi dalam rangka membantu menurunkan berat badan. Seperti dikutip dari Prevention, Sabtu (27/2/2016), berikut ini minuman yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan bobot:

1. Air putih dingin

Ahli gizi di Kansas City Royals , Mitzi Dulan, RD, mengatakan minuman dingin bisa membuat tubuh mengeluarkan energi lebih banyak untuk mempertahankan suhu tubuh tetap berada di angka normal yakni sekitar 36-37 derajat celcius.

"Dengan mengonsumsi setidaknya dua liter air dingin sehari, setidaknya bisa membantu tubuh membakar 100 kalori ekstra," tutur Dilan yang juga penulis 'The Pinterest Diet' ini.

2. Teh hijau

Selain rendah kalori, teh hijau bisa membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan. Dalam sebuah studi di Journal of the American College of Nutrition. Partisipan yang minum 4 cangkir teh hijau tiap hari selama dua bulan rata-rata turun bobot sebanyak 2,7 kg dibanding mereka yang hanya minum air putih.



Sementara, di tahun 2013, analisis dari European Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang minum teh hijau secara rutin memiliki berat badan yang lebih rendah, lingkar pinggang lebih kecil, dan merasakan lebih banyak manfaat lain dari mengonsumsi teh hijau. Sebaiknya, pilih teh hijau yang diolah dengan bahan alami dan tanpa bahan tambahan apapun. Hindari pemakaian suplemen teh hijau sembarangan.

3. Kopi

Penelitian menunjukkan minum dua sampai tiga cangkir kopi sebelum berolahraga bisa memacu seseorang lebih semangat dalam berolahraga. Itu berarti, akan lebih banyak kalori yang dibakar ketika berolahraga. Salah satu studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness menemukan bahwa pesenam hampir 20 persen lebih banyak melakukan repetisi gerakan ketika sebelumnya mereka mengonsumsi kopi. Namun, disarankan untuk mengonsumsi kopi hitam dengan tambahan sedikit gula. Sebab, terlalu banyak menambahkan krim atau gula pada kopi bisa mengurangi manfaat dari kopi itu sendiri.

Baca juga: Sudah Olahraga Tapi Bobot Tak Juga Turun? Stop Ngemil Usai Olahraga

(rdn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit