detikhealth

Food Battle Aplikasi Simpel untuk Kenalkan Makanan Sehat pada Anak

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 27/05/2016 18:34 WIB
Food Battle Aplikasi Simpel untuk Kenalkan Makanan Sehat pada AnakFoto: Muhamad Reza Sulaiman
Jakarta, Mengenalkan makanan sehat pada anak bukan pekerjaan yang mudah. Namun dengan berkembangnya teknologi, aplikasi smartphone juga dapat dijadikan alat untuk mengenalkan makanan sehat pada anak.

Salah satunya adalah YBS Food Battle. Aplikasi buatan Yayasan Balita Sehat, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang fokus mengentaskan masalah gizi balita di Indonesia, ini mengusung permainan simpel dan menarik untuk mengenalkan makanan sehat pada anak.

"Gamenya sangat simpel sekali ya. Anak cuma memilih mana makanan yang dianggap lebih sehat dan ada penjelasannya nanti apakah makanan itu sehat atau tidak," ungkap Program Manager Yayasan Balita Sehat, Nur Febriani, ditemui di kantornya, Jl H. Naim II, Cipete Utara, Jakarta Selatan, Jumat (27/5/2016).

Baca juga: Aplikasi Ini Hadir untuk Atasi Keengganan Pria Mengecek Sperma


Sesuai namanya, YBS Food Battle meminta anak untuk memilih mana makanan yang dianggap sehat. Febri menganjurkan orang tua untuk menemani anak bermain karena ada penjelasan dalam bentuk tulisan tentang nilai gizi dan manfaat makanan.

Sebagai contoh, anak akan diminta untuk memilih mana minuman yang lebih sehat antara jus jeruk dan minuman serbuk instan. Jika anak menjawab jus jeruk, akan muncul penjelasan mengapa jus jeruk dikategorikan sebagai makanan sehat.


Jika anak memilih pilihan yang salah, penjelasan tentang mengapa makanan atau minuman tersebut dikategorikan tidak sehat juga akan muncul. Di sini peran orang tua untuk menjelaskan maksud dari tulisan tersebut.

Febri mengatakan aplikasi ini dibuat oleh sukarelawan untuk Yayasan Balita Sehat. Karena itu penampakannya pun simpel. Namun orang tua yang memiliki anak balita bisa mendapat manfaat karena aplikasi sangat mudah untuk dimainkan.


"Cocoknya untuk anak balita memang, usia 3 sampai 5 tahun kan sekarang sudah bisa pegang gadget. Namun tentu penggunaannya harus diawasi oleh orang tua," ungkapnya.

Menarik bukan? Febri mengatakan aplikasi ini dapat diunduh gratis bagi pengguna android di Google Play Store. Jangan ragu, unduh sekarang juga ya!

Baca juga: Mana yang Lebih Baik untuk Anak, Eksplorasi Langsung atau Eksplorasi Digital?

(mrs/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close