detikhealth

Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi

Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Benarkah Makanan Asin Bikin Kecanduan?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 08/06/2016 13:47 WIB
Benarkah Makanan Asin Bikin Kecanduan?Foto: Thinkstock
Jakarta, Benarkah makanan asin bisa bikin kecanduan? Apa akibatnya kalau sejak anak-anak terbiasa makan makanan kemasan yang asin-asin, seperti keripik?

Sheira (Wanita, 22 tahun)
she_iraXXXXX@gmail.com
Tinggi 160 cm, berat 68 kg

Jawaban

Halo Sheira,

Bukan asinnya yang membuat kecanduan tapi gurih/ micin yang membuat kecanduan karena micin tersebut dapat mengaktifkan bagian otak seperti yang diaktifkan cokelat (bagian pleasure). Akibat jika anak-anak terlalu sering terpapar micin adalah cita rasa mereka menjadi tawar, tidak terangsang jika tidak gurih sehingga makanan yang normal pun bisa ditolak. Sebaiknya dikurangi dan diganti dengan jajanan yang lebih sehat.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga https://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit