detikhealth
Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi

Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Benarkah Rempah-rempah Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 30/06/2016 13:14 WIB
Benarkah Rempah-rempah Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan?Foto: thinkstock
Jakarta, Mbak Victoria, benarkah kalau dengan menambahkan rempah-rempah ke masakan atau makanan kita bisa membantu menurunkan bobot? Untuk kita yang di Indonesia, adakah rempah yang disarankan untuk dikonsumsi guna membantu menurunkan bobot? Termasuk juga cara mengolahnya dipadukan dengan apa, mohon jika berkenan Mbak Victoria memberi contohnya Mbak. Terimakasih.

Lalu (Pria, 29 tahun)
Lalu_5987XXXXX@gmail.com
Tinggi 170, berat 78 kg

Jawaban

Halo Lalu,

Ya memang penggunaan rempah yang banyak bisa mengurangi berat badan. Inti penggunaan rempah yang banyak adalah mengurangi penggunaan garam, gula dan micin sebagai penyedap. Gula dan garam bersifat menghisap air sehingga air tidak bisa dikeluarkan dari tubuh dan menyebabkan 'gemuk air'.

Gula dan garam juga bisa menaikkan hipertensi, trigliserit dan memperberat kerja ginjal. Secara neurologi, jika kita sudah mendapatkan 'inti cita rasa' dari sebuah makanan maka kita tidak akan makan berlebihan dengan tujuan mendapatkan kepuasan rasa yang lebih terus menerus. Hal ini yang mendorong orang makan kerupuk maupun keripik secara berlebihan karena kurangnya input rasa dan nutrisi sehingga tubuh terus menyuruh untuk makan untuk memuaskan inputnya.

Setiap rempah mempunyai tujuannya masing-masing jadi tidak ada yang khusus. Kalau saya sendiri percaya dengan racikan jamu tradisional, yang memang biasanya terbuat dari rempah rempah untuk menurunkan berat badan ataupun saat sakit tenggorokan.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga http://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit