detikhealth

4 Cara Agar Lebih Semangat Olahraga

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 30/07/2016 08:04 WIB
4 Cara Agar Lebih Semangat OlahragaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Olahraga secara teratur sulit sekali terlaksana bagi sebagian orang. Beberapa karena tidak punya waktu, namun sebagian besar memang tidak meluangkan waktu karena kurang memiliki motivasi.

Untuk bisa membangkitkan motivasi berolahraga, ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mendengarkan musik yang iramanya penuh semangat, hingga mencari partner berolahraga.

Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut, seperti dirangkum detikHealth:

1. Mendengarkan musik
Rasa nyeri seringkali menjadi alasan untuk menghindari olahraga. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari McGill University di Kanada membuktikan, mendengarkan musik saat olahraga bisa mengurangi sensitivitas terhadap rasa nyeri.

Penelitian lain juga mengungkap bahwa denyut jantung cenderung meningkat lebih cepat saat berolahraga sambil mendengarkan musik.

Tapi sebaiknya hindari mendengarkan musik dari ponsel. Berbagai notifikasi seperti SMS dan panggilan telepon yang tiba-tiba masuk bisa menjadi pengacau fokus yang akhirnya malah merusak ritme berolahraga.

Baca juga: Berburu Pokemon di Jogging Track GBK Senayan, Berapa Kalori yang Terbakar?

2. Berteman dengan banyak orang
Faktor lain yang berpengaruh pada sensitivitas nyeri adalah pelepasan hormon endorfin. Hormon ini membuat seseorang lebih kebal terhadap nyeri, termasuk saat olahraga. Penelitian membuktikan, bergaul dengan lebih banyak orang berhubungan dengan pelepasan endorfin yang lebih banyak.

Baca juga: Olahraga Seperti Ini Bisa Mencerminkan Kuantitas Pertemanan

3. Sesuaikan dengan siklus menstruasi
Bagi perempuan, siklus menstruasi besar pengaruhnya terhadap performa dalam berolahraga. Energi dari hasil pembakaran lemak dihasilkan lebih banyak saat hormon esterogen dan progesteron berada di level paling tinggi. Ini terbukti dalam sebuah penelitian di University of Adelaide.

4. Minum kopi
Sebuah penelitian ilmuah menyebut bahwa kandungan minum kopi bisa meningkatkan pembakaran kalori hingga 15 persen, hingga 3 jam setelah olahraga. Efek kafein lainnya yang juga bermanfaat adalah menurunkan rasa nyeri terutama di otot, sehingga terasa lebih bertenaga.

Baca juga: Minum Kopi Sebelum Olahraga, Benarkah Risiko Dehidrasi Meningkat?(up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit