detikhealth

Mau Coba Diet DASH? Jangan Lupa Siapkan Asupan Ini Dalam Menu Harian

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Kamis, 04/08/2016 09:04 WIB
Mau Coba Diet DASH? Jangan Lupa Siapkan Asupan Ini Dalam Menu HarianFoto: thinkstock
Jakarta, Jika Anda mengidap hipertensi dan ingin mencoba untuk menerapkan diet DASH, ada beberapa asupan yang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi. Asupan ini diyakini dapat membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah.

Seperti dikutip dari buku 'Hipertensi dan Obesitas' yang ditulis oleh Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia 2016, berikut daftar bahan asupan yang bisa disiapkan jika Anda ingin menerapkan diet DASH:

1. Gandum
Contoh menu gandum yang bisa dijadikan pilihan yakni roti, nasi, pasta dan sereal. Jangan lupa untuk memilih yang 'whole grains' karena banyak mengandung serat dan nutrisi. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memilih nasi merah. Untuk roti, sebaiknya hindari penambahan margarin atau saus keju.

2. Sayuran
Beberapa jenis sayuran yang bisa menjadi pilihan di antaranya tomat, wortel, brokoli, ubi dan berbagai jenis sayuran lain. Sayur-sayuran ini mengandung banyak serat, vitamin, mineral seperti kalium dan magnesium. Yang terpenting, sayuran segar merupakan pilihan terbaik dibanding yang dibekukan.

3. Buah
Buah dianggap praktis dan sehat karena hanya memerlukan waktu singkat untuk penyediaan dan penyajian. Sepotong buah dapat disajikan dengan makanan lain atau sebagai camilan. Kulit buah tertentu seperti apel juga sebaiknya dikonsumsi, karena juga mengandung nutrisi yang sehat dan lemak.



4. Daging, unggas dan ikan
Daging kaya akan protein, vitamin B, zat besi dan zinc, namun memiliki variasi dalam kadar lemak dan koleterol, sehingga sebaiknya dikonsumsi setengah atau sepertiga porsi. Untuk daging ayam, sebaiknya dikonsumsi tanpa kulit. Sementara untuk ikan, sebaiknya Anda memilih jenis salmon, herring atau tuna. Ikan-ikan ini memiliki kandungan omega-3 cukup tinggi dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang polong, almond, biji bunga matahari dan kacang merah sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung magnesium, kalium dan protein, serta phytochemicals yang bermanfaat untuk melindungi jantung. Yang terpenting, sebaiknya tetap jangan dikonsumsi berlebihan dan hindari untuk menggorengnya.

Kacang kedelai seperti yang ada di dalam tahu dan tempe juga bisa dijadikan alternatif dari konsumsi daging. Ini karena tahu dan tempe memiliki asam amino untuk membuat protein menjadi lebih lengkap, seperti halnya dari sumber daging.

Baca juga: Buah-buahan Ini Bisa Diandalkan untuk Bantu Turunkan Berat Badan


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit