Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Konsultasi Anak
dr. Firmansyah, SpA

Spesialis Anak di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com

Demam Disertai Sakit pada Gendang Telinga

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 18/08/2016 13:18 WIB
Demam Disertai Sakit pada Gendang TelingaFoto: Thinkstock
Jakarta, Salam sehat Dokter, anak kami Laras, usia 3 tahun 3 bulan tinggi 95 cm dan berat 12,5 kg. Saat ini mengalami demam tinggi 38 derajat dan disertai sakit pada telinga. Susah untuk makan dan minum. Kemungkinan radang pada tenggorokan, Kami periksa pada telinga tidak ada tanda-tanda bengkak atau kemasukkan serangga.

Oh iya, sebelumnya anak kami sempat bermain di arena bermain di sekitar Bintaro dan sempat tertelan air mancur yang terdapat pada arena bermain tersebut. Setelah selesai bermain anak kami makan ice cream yang dijual di arena bermain tersebut. Sepengetahuan Dokter, apa yang terjadi pada demam pada anak kami? Dan apa yang harus kami perbuat, tambahan anak kami susah sekali untuk minum obat.

Reza (Pria, 32 tahun)
rezaXXXXX@gmail.com
Tinggi 169 cm, berat 69 kg

Jawaban

Terimakasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan anak Ibu terkena infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Saat terjadi ISPA, umumnya seluruh bagian yang terkena infeksi, ikut meradang/bengkak. Akibat pembengkakan tersebut, saluran nafas menjadi menyempit. Penyempitan ini ber-efek pada peningkatan tekanan ke telinga. Sehingga anak akan merasa sakit dan telinga berdengung. Bila tekanan terus meningkat, dapat pecah, keluar cairan dan terinfeksi. Hindari pencetus dan yang dapat memperberat. Seperti minum minuman dingin. Cukup istirahat dan segera konsultasi ke dokter keluarga Ibu untuk mendapatkan pengobatan.

dr. Firmansyah, SpA
Spesialis Anak di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit