detikhealth

Dokter di AS Dituduh Berikan Vaksin Palsu dari Liur Kucing Campur Vodka

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 03/10/2016 08:43 WIB
Dokter di AS Dituduh Berikan Vaksin Palsu dari Liur Kucing Campur VodkaFoto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Jika di Indonesia vaksin palsu dibuat dari campuran antibiotika, di Amerika Serikat ada yang berbeda. Seorang dokter membuat vaksin palsu dengan kandungan vodka dan liur kucing.

Tim peyelidik mengunjungi tempat praktik dr Ming Te Lin setelah mendengar keluhan dari sejumlah penyedia layanan kesehatan. Berdasarkan keluhan yang masuk, dr Ming memberikan versi oral dari vaksin suntik pada anak-anak yang datang kepadanya.

Hasil investigasi menyebut, dr Lin membuat sendiri vaksin-vaksin tersebut di tempat praktiknya yang berantakan dan tidak steril. Bahkan dr Lin mengakui menambahkan liur kucing dan campuran alkohol untuk pasien yang memiliki alergi.

Atas perbuatannya tersebut, izin praktik dr Lin telah dibekukan. Ia juga akan menjalani sidang di depan Majelis Disiplin Kedokteran pada Oktober mendatang.

Baca juga: Soal Imunisasi pada Anak, Ini Hal-hal yang Perlu Diketahui Orang Tua

Vaksin buatan sendiri ini telah disiapkan oleh dr Lin selama satu dekade. Dari catatan yang diperoleh, dr Lin memberikannya pada pasien anak dengan usia paling muda adalah 7 hari.

Dikutip dari Sciencealert, dr Lin mendetoks vaksin buatannya dengan alat yang disebut 'Wavefront 2000'. Alat tersebut membersihkan merkuri dari vaksin alergi. Di AS, semua vaksin untuk anak di bawah 5 tahun memang diwajibkan bebas thiomersal, suatu senyawa yang mengandung merkuri.

Baca juga: Video: Vaksin Mengandung Babi dan Memicu Autisme, Benarkah? (up/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close