detikhealth

Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr. Michael Triangto, SpKO

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)

Olahraga untuk Anak Kost

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 04/10/2016 13:11 WIB
Olahraga untuk Anak KostFoto: Thinkstock
Jakarta, Dokter saya mau konsultasi, jadi saya termasuk orang yang malas untuk berolahraga dengan asupan makanan yang terbilang asal karena saya adalah seorang anak kost.

Pertanyaan saya adalah olahraga seperti apa yang bisa saya lakukan setiap hari di rumah? Lalu makanan seperti apa yang saya bisa konsumsi setiap harinya agar saya tetap senantiasa sehat? Mohon solusinya Dok, dan terimakasih.

Ratu (Perempuan, 21 tahun)

Jawaban

Mbak Ratu,

Banyak sekali yang mengatakan tidak suka dan tidak punya waktu untuk berolahraga. Namun setelah di dalami ternyata mereka berkata seperti itu hanya karena belum tahu cara menggunakan waktu dan melakukan olahraga. Pada kenyataannya olahraga dapat dilakukan di mana saja dan bila Anda mampu melakukannya di fasilitas olahraga tentunya akan lebih baik.

Tetapi bila tidak ada fasilitas tersebut tidak berarti Anda tidak dapat menjadi sehat, oleh sebab itu saya menganjurkan Anda cukup lakukan jalan cepat berkeliling tempat kerja, kampus, mal yang dapat dilakukan pagi, siang, sore bahkan malam.

Waktunya juga cukup 30 menit saja dengan frekuensi 3 sampai 5 hari seminggu. Bila Anda sudah lebih terbiasa maka waktu, frekuensi dapat ditingkatkan sesuai dengan kemampuan dan kesehatan saat itu dan sudah dimungkinkan untuk menggunakan fasilitas olahraga yang lebih lengkap.

Untuk makanan saya lebih menganjurkan Anda mempertimbangkan jumlahnya jangan berlebihan dan juga dalam mengonsumsi makan berlemak, manis, asin sebaiknya dalam batas wajar artinya tidak berlebihan. Bila memungkinakan dapat meminta bantuan dokter spesialis gizi klinik untuk menganalisis pola makan Anda selama ini.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit