detikhealth
Konsultasi Umum
dr. Dito Anurogo

Penulis 17 buku dan sedang studi S2 Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis FK UGM Yogyakarta.

Solusi Atasi Pusing dan Letih

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 26/10/2016 13:07 WIB
Solusi Atasi Pusing dan LetihFoto: Thinkstock
Jakarta, Saya akhir-akhir ini selalu tidur hanya 4 jam. Jika di sekolah saya selalu merasa pusing, mual, dan leher pegal, kalau duduk tulang saya merasa capek. Ketika saya mulai memperbaiki jam tidur saya sehingga menjadi 6 jam, saya tetap merasa capek dan saya juga apa-apa selalu mengeluarkan keringat banyak padahal hanya naik tangga saja. Sedangkan teman saya hanya naik tangga saja tidak berkeringat, dada saya juga terasa sesak dan saya selalu merasa pusing dan tidak pernah bisa tahan untuk duduk. Mohon solusinya Dok. Sekian, trims.

Dewanti (Wanita, 13 tahun)

Jawaban

Dear Dewanti, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Langsung saja ya. Keluhan utama yang Anda rasakan yang mana? Apakah selalu merasa pusing, problematika tidur, selalu berkeringat banyak, ataukah dada terasa sesak? Anggaplah keluhan utama adalah pusing, maka amatlah disayangkan, Anda belum menjelaskan tentang:
1. Apakah pusing berputar atau berdenyut?
2. Berapa lama merasakan pusing?
3. Pusing di satu sisi kepala atau berpindah-pindah?
4. Pada saat kondisi seperti apakah pusing Anda bertambah berat dan ringan?
5. Apakah ada riwayat jatuh, kepala terbentur, hipertensi, atau riwayat penyakit lainnya?
6. Apa saja problematika yang belum terpecahkan, yang sedang Anda alami saat ini?
7. Bagaimanakah gaya hidup Anda, tentang pola makan, berolahraga, istirahat, tidur?
8. Bagaimana kualitas hubungan Anda dengan Allah, kedua orangtua, teman (kelas dan organisasi), guru/dosen, lingkungan sekitar?
9. Saat ini Anda sedang kuliah atau sekolah? Apakah sedang banyak tugas? Atau akan menghadapi ujian?
10. Apakah Anda selalu rutin sarapan sebelum berangkat ke sekolah setiap pagi?
11. Obat, suplemen, multivitamin, herbal, atau jamu apa sajakah yang saat ini sedang atau pernah Anda konsumsi?
12. Boleh tahu tekanan darah Anda saat ini berapa mmHg?
13. Golongan darah Anda apa, ya?

Terus terang, saya belum dapat menegakkan diagnosis, mengingat data yang saya dapatkan masih minimalis. Perlu diketahui, untuk menegakkan diagnosis di dunia kedokteran perlu seni. Istilahnya the Art of Medicine. Dokter perlu melakukan wawancara terstruktur dan komprehensif (anamnesis), pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang (bila diperlukan), diagnosis banding, penegakan diagnosis, pemberian tatalaksana (sesuai indikasi), edukasi, dan tindakan lanjutan (follow up). Jadi tidak bisa sekadar keluhan saya ini, obatnya apa.

Solusinya, berpola hidup sehat, seimbang, serasi, dan selaras. Buatlah skala prioritas. Manjakanlah dirimu sendiri dengan melakukan hobi atau hal-hal positif yang kau senangi. Milikilah buku catatan harian (diary), rutinlah menulis minimal 30 menit sebelum tidur. Tuangkan dan tumpahkan semua emosi, pengalaman, kejadian seharian itu di buku harian.

Berolahraga, olahrasa, olahjiwa. Batasilah penggunaan HP (termasuk berkomunikasi melalui media sosial). Duduklah dengan posisi yang ergonomis. Milikilah sahabat sebagai tempat berbagi suka maupun duka. Tingkatkan spiritualitas dan tingkat keimanan, dengan selalu mengingat Allah di manapun dan kapanpun. Sederhananya, manajemen diri, termasuk jiwa, hati, pikiran. Berdamailah dengan dirimu. Bahagiakanlah sesamamu. Berbagilah selalu. Hakikat kesehatan itu sejatinya adalah keseimbangan dan keharmonisan, antara mikrokosmos dan makrokosmos.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Dokter Dito Anurogo, penulis 17 buku, sedang studi di S2 Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis FK UGM Yogyakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit