detikhealth
Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Bayi Tidak IMD Saat Lahir, Berpengaruhkah pada Proses Menyusunya Kelak?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 31/10/2016 15:11 WIB
Bayi Tidak IMD Saat Lahir, Berpengaruhkah pada Proses Menyusunya Kelak?Foto: iStock
Jakarta, Salam kenal Dok. Saya mau bertanya, saat lahir ada masalah dengan anak saya sehingga dia langsung ditempatkan di NICU (Neonatal Intensive Care Unit). Saat itu pula anak saya tidak sempat IMD (Inisiasi Menyusu Dini). Apakah tidak inisiasi menyusu dini ini berpengaruh pada proses menyusunya nanti? Saat ini istri saya tetap memerah ASI-nya dan diberikan pada anak saya yang beberapa hari lagi rencananya sudah bisa keluar dari NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

Okta (Pria, 35 tahun)

Jawaban

Salam Pak Okta. Inisiasi Menyusu Dini atau IMD memang sangat dianjurkan dan diharapkan dapat menjadi awal yang baik dalam proses menyusui demi kelancaran proses menyusui selanjutnya sampai 2 tahun. Namun ada keadaan-keadaan tertentu dimana IMD ini tidak dapat dilakukan, salah satunya kondisi bayi yang tidak stabil, karena syarat dilakukannya IMD adalah stabil baik ibu dan bayinya.

Bila memang ada indikasi bayi harus segera masuk NICU dan langsung dipisahkan dari ibu setelah lahir, bapak dan keluarga tidak perlu berkecil hati, karena dengan sudah adanya niat ingin IMD pun, sudah menjadi semangat tersendiri bagi ibu untuk awal proses menyusui yang baik. Bila memang bayi masih harus terpisah dari ibu, sudah betul ibu rutin memerah ASI, sebaiknya dilakukan setiap 3-4 jam sekali. Selain untuk menyediakan asupan terbaik bagi bayi, memerah juga sangat penting untuk merangsang produksi ASI dan mempertahankan produksinya.

Sangat baik bila ibu berkonsultasi ke polikinik laktasi agar dapat diajarkan cara memerah dengan tangan yang baik dan efektif, namun tidak mengapa juga bila ibu ingin memerah menggunakan alat sesuai kenyamanan ibu. Yang penting juga dipastikan bahwa bayi diberikan ASIP (ASI perah) bukan dengan dot karena akan sangat mengganggu proses menyusui nantinya.

Nanti bila bayi sudah mulai stabil dan boleh menetek langsung, segeralah berkonsultasi dengan dokter laktasi agar dapat dibantu untuk mulai menyusui dan dievaluasi apakah ada kesulitan atau kelainan yang perlu segera dikoreksi demi kelancaran menyusui sampai 2 tahun. Tetap semangat ya Pak Okta dan keluarga, semoga anaknya lekas sembuh Pak, aamiin.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata, Depok
Ketua AKLII (Asosiasi Konsultan Laktasi Internasional Indonesia).
www.rspermatadepok.com(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit