detikhealth

Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi

Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Angka Metabolisme Basal dan Berat Badan Berkurang, Bahayakah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 08/11/2016 14:04 WIB
Angka Metabolisme Basal dan Berat Badan Berkurang, Bahayakah?Foto: thinkstock
Jakarta, Hi Mbak, saya ingin bertanya apakah normal bila berat badan saya berkurang maka BMR (Basal Metabolic Rate) saya juga ikutan berkurang? Tadinya berat saya 50 kg dan BMR saya sekitar 1.100 dan setelah saya diet dan berat saya 40 kg BMR saya hanya sekitar 970.

Apakah BMR yang kecil itu berbahaya? Karena bukankah artinya saya harus selalu mengurangi porsi makan saya agar berat saya tetap stabil? Dan apakah ada cara untuk meningkatkan metabolisme saya? Karena saya khawatir BMR saya akan terus turun, sekarang saja sudah sangat kecil dibandingkan orang kebanyakan. Terimakasih. Salam.

Marcella (Wanita, 25 tahun)

Jawaban

Hai Marcella,

Jika BB berkurang maka otomatis BMR akan berkurang pula. BMR itu secara gampangnya menjelaskan berapa besar energi yang diperlukan tubuhmu untuk bertahan hidup saat tidur (baseline/basal). Semakin tinggi BB, artinya semakin banyak sel tubuh/massa tubuh yang harus dihidupi/memerlukan energi. Sementara jika BB berkurang, maka sel-sel yang harus dihidupi juga berkurang (semoga yang berkurang adalah sel lemak).

BMR biasanya juga proporsional dengan muscle mass atau massa otot. Itu pula sebabnya biasanya pria mempunyai BMR yang lebih tinggi daripada wanita karena secara genetik, komposisi otot pria lebih banyak dibanding wanita. Jadi jika Anda ingin menaikkan BMR Anda, boleh dicoba dengan menaikkan muscle mass Anda.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga http://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit