detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Menghilangkan Trauma Cedera Lutut

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 15/11/2016 15:17 WIB
Menghilangkan Trauma Cedera LututFoto: thinkstock
Jakarta, Dok saya mau menanyakan bagaimana cara menghilangkan trauma cedera lutut? Setelah saya sembuh dari cedera lutut saya kembali melakukan aktivitas dan bermain bola tapi saya sering merasa takut untuk bermain bola jadi saya tidak maksimal.

Satu lagi Dok setelah sembuh saya suka menekuk dan meluruskan lutut tapi saat diluruskan ada suara bunyi di lutut saya seperti tulang yang belum masuk pada bagiannya. Munurut Dokter, cara seperti apa yang harus saya lakukan untuk menormalkan kembali lutut saya?

Eggy (Pria, 20 tahun)

Jawaban

Halo Eggy,

Setelah terjadi cedara, seringkali timbul rasa trauma atau takut untuk memulai kembali aktivitas olahraga. Ini terjadi karena adanya gangguan pada jaringan sekitar yang mempengaruhi sistem saraf tertentu, dan ditambah juga dengan periode istirahat yang lama. Efeknya antara lain gangguan keseimbangan dan perasaan tidak stabil secara fungsional.

Untuk mengatasinya diperlukan waktu, yang meliputi program fisioterapi bertahap, dengan catatan tidak ada gangguan struktural lain yang bersifat mekanis, karena apabila ada, mungkin diperlukan tindakan operasi untuk mengembalikan fungsinya.

Untuk mengetahui penyabab suara-suara dan rasa tidak nyaman di lutut Anda, sebaiknya menemui dokter orthopaedi untuk diperiksa secara klinis, dan mungkin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti x-ray atau MRI. Apabila diperlukan, juga bisa dilakukan prosedur peneropongan sendi lutut (artroskopi) yang manfaatnya bukan hanya diagnostik namun juga bisa sebagai terapi.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit