detikhealth

Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi

Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Diet Tepat Pasca Melahirkan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 16/11/2016 13:50 WIB
Diet Tepat Pasca MelahirkanFoto: Thinkstock
Jakarta, Halo Mbak Leona, yang ingin saya tanyakan:
1. Setelah melahirkan anak pertama berat badan selalu bertambah walaupun saya pernah ASI dan saat ini sudah lepas ASI untuk anak saya, bagaimana pola makan untuk diet saya dan apa saja pantangannya?
2. Apa pengaruh karena BB saya jadi menstruasi saya tidak lancar?

Risa (Wanita, 30 tahun)

Jawaban

Halo Risa,

Di grafik BMI saat ini BB Anda mempunyai BMI 32,9 atau kategori obese. Di point ini, Anda berisiko tinggi untuk terus bertambah BB-nya. Langkah pertama dan terutama adalah untuk menahan BB Anda di 80 kg. Jika Anda stabil di berat tersebut, BMI point Anda akan turun 1 point/ 3 tahun karena rentang BMI untuk berat normal bertambah seiring dengan umur.

Namun jika Anda bisa mengurangi berat badan, goal pertama Anda adalah mengurangi 6 kg sampai ke 74 kg. Pengurangan 6 kg tersebut sebaiknya tidak terburu-buru, dalam 3-9 bulan, melalui perubahan pola makan dan berolahraga.

Menstruasi yang tidak lancar juga bisa menjadi side effect dari obesitas tersebut. Sebaiknya perubahan pola makan Anda mulai dengan:
- jadwal makan yang jelas. 6 Kali sehari. Sarapan-morning tea-lunch-afternoon snack-dinner-supper. Semuanya diseling antara 2-4 jam (tergantung slot waktu Anda). 3 Makan besar, 3 makan snack

- snack di sini adalah buah segar, produk susu rendah lemak, sandwich dengan isi sayur
- ikuti pembagian healthy plate untuk tiap makan besar
- sering-seringlah minum air putih. Selalu sediakan air di meja/ mobil

Tentu hasilnya akan lebih cepat didapat jika ditambah berolahraga ringan. Kalau saya suka sambil nonton youtube di kamar, seperti low impact exercise atau yoga. Pantangannya adalah goreng-gorengan, kerupuk, keripik, manisan, kue-kue, sirup, gulali/permen.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga http://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit