detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Tulang Kering Terasa Nyeri Saat Jogging, Ada Apa?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 17/11/2016 15:19 WIB
Tulang Kering Terasa Nyeri Saat Jogging, Ada Apa?Foto: thinkstock
Jakarta, Dok, saya mau tanya, saya terbiasa jogging di pagi hari. Sekitar 2 minggu yang lalu saya jogging, tapi ketika lari tulang kering kedua kaki saya terasa sakit seperti patah. Jadi tidak ada kekuatan untuk lari. Bahkan terasa sakit bila disentuh.

Lalu saya biarkan saja selama 1 minggu tanpa jogging dan rasa sakit hilang. Setelah 1 minggu saya coba jogging lagi tapi rasa sakit muncul lagi, ada masalah apa ya Dok dengan kaki saya? Terimakasih.

Fitri (Wanita, 30 tahun)

Jawaban

Halo Fitria,

Kelainan yang Fitria hadapi dinamakan exertional compartment syndrome, yaitu timbulnya gejala nyeri akibat adanya peningkatan tekanan pada kompartemen di tungkai, akibat adanya peningkatan aktivitas otot, misalnya saat berolahraga. Sebaliknya gejala akan berkurang apabila dilakukan istirahat.

Biasanya penanganan dimulai dengan mengurangi aktivitas sampai tidak ada keluhan, dengan atau tanpa obat-obatan, baru kemudian dinaikkan lagi secara bertahap diiringi dengan program fisioterapi, yang meliputi stretching (peregangan) dan latihan mobilitas.

Sebagian kecil pasien, yang tidak membaik dengan cara tersebut, mungkin saja memerlukan tindakan operasi untuk mengurangi tekanan di dalam kompartemen tersebut.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit