detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Nyeri di Bawah Jempol Kaki Setelah Operasi, Mengapa?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 18/11/2016 14:35 WIB
Nyeri di Bawah Jempol Kaki Setelah Operasi, Mengapa?Foto: Thinkstock
Jakarta, Dok, saya ingin bertanya. Sudah 2 bulan saya selesai dioperasi karena terdapat benjolan di sekitar tempurung lutut. Sekitar 1 bulan selesai operasi, saya tidak lagi merasakan sakit di bekas operasi tetapi merasakan sakit ketika kaki ditekuk seperti jongkok dan nyeri di telapak kaki bawah jempol.

Anehnya nyerinya hanya di bawah jempol, mengapa demikian? Saya masih membutuhkan istirahat yang cukup atau ada masalah lain? Terimakasih Dok, mohon jawabannya.

Hisnul (Wanita, 15 tahun)

Jawaban

Halo Hisnul,

Mempertimbangkan deskripsi Hisnul, saya perkirakan rasa sakit ketika jongkok disebabkan karena adanya jaringan parut atau perlengketan, yang lazim timbul akibat adanya luka operasi, dan diperberat dengan periode istirahat yang berkepanjangan, sehingga sendi terasa kurang lentur dan kaku, terutama bila digerakkan dalam posisi tertentu misalnya berjongkok.

Tentang nyeri di bawah jempol, tampaknya tidak ada hubungan langsung dengan operasi yang di daerah lutut. Namun demikian, hanya keterbatasan gerak pada suatu sendi dapat mempengaruhi sendi lainnya dan meningkatkan penakanan pada sendi-sendi lain tersebut, inilah kemungkinan yang menjadi penyebab nyeri pada ibu hari kaki Hisnul.

Dengan latihan peregangan yang optimal pada sendi-sendi di tungkai bawah (lutut, engkel, jari-jari kaki), keluhan akan dapat berkurang. Demikian semoga jawaban saya memuaskan

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit