Robert Koch: Penemu Bakteri TBC

Doctor's Life

Terinspirasi Ucapan Pasien, Dokter Muda Ini Ketagihan Jadi Pelayan Masyarakat

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Senin, 21/11/2016 15:05 WIB
Terinspirasi Ucapan Pasien, Dokter Muda Ini Ketagihan Jadi Pelayan MasyarakatFoto: Puti
Jakarta, Ucapan terima kasih yang tulus dari seseorang tak pernah bisa dibandingkan dengan hal apapun. Hal itulah yang juga dirasakan seorang dokter relawan di RS Apung doctorSHARE, dr Cynthia Christine Jonachan.

Dokter muda ini merasa sangat berguna ketika mendengar ucapan terima kasih dari seorang pasien yang ia bantu. Walaupun hanya sekadar ucapan, ucapan tersebut membuat dr Cynthia sadar bahwa keberadaannya sangat dibutuhkan di daerah pelosok.

"Pasiennya ngucapin makasih itu lho, sampai-sampai ada pasien yang juga juga gini (sambil memperagakan tangan bersyukur). Ini benar-benar nunjukkin rasa terima kasihnya," tutur dr Cynthia kepada detikHealth ketika ditemui di acara kunjungan kapal doctorSHARE di Jetski Cafe, Jl Pantai Mutiara, Jakarta Utara, Minggu (20/11/2016).

"Seneng dan terharu banget denger ucapan seperti itu (terima kasih), jadi mikir 'gila gue berguna'. Dari situ sih jadi pingin terus melayani masyarakat di daerah, dari ikut sekali dan nagih jadi pengen ikut terus. Itu fun banget," sambung dr Cynthia yang sudah bergabung dengan doctorSHARE sejak 2014.

dr Cynthia mengatakan, ketika ia kembali dari pelayanan di pelosok daerah tersebut ia justru merasa ada sesuatu yang hilang dari dirinya. dr Cynthia pun tahu bahwa dirinya membutuhkan dan dibutuhkan masyarakat di pelosok daerah yang ia nilai sebagai sesuatu yang tidak bisa digantikan dengan uang.

Baca juga: 'Keasyikan' Mengabdi, dr Agus Tak Pulang-pulang dari Maluku

Wanita kelahiran 26 Desember 1990 ini juga merasa memiliki hal positif lain dari pelayanan medis di RS apung, seperti bisa berpergian ke daerah-daerah. Walaupun menurutnya itu hanya manfaat lain dari tujuan utama yaitu melayani.

"Saya orangnya suka explore jadi kalau pergi ke suatu tempat yang baru bagi saya itu seperti petualangan. Selain bisa melayani, sisi dari diriku yang suka explore juga terpenuhi," imbuh dr Cynthia.

"Di sana juga dilatih jiwa sosialnya, jiwa empati sehingga kita mengerti kalau di pedalaman itu seperti apa, misalnya akses susah, kebutuhan dasar juga susah. Biasanya kan hidup di kota besar pasti fasilitas ada dong, sinyal enak, makan tepat waktu, transportasi mudah," terang dr Cynthia.

Baca juga: Cerita dr Mary Rawat Pasien Malaria di Papua yang Disangka Kesurupan (up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit