detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Bisakah Memperbaiki Kedua Tulang Kaki yang Patah?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 24/11/2016 15:20 WIB
Bisakah Memperbaiki Kedua Tulang Kaki yang Patah?Foto: Thinkstock
Jakarta, Dok saya mau tanya, ada anak dan bapaknya mengalami kecelakaan dan mengakibatkan keduanya patah tulang kaki. Dapatkah patah tulang tersebut mengalami perbaikan? Jika iya, samakah perbaikan patah tulang pada anak dan pada patah tulang bapaknya? Bagaimana prosesnya?
Terimakasih sebelumnya.

Naiza (Wanita, 18 tahun)

Jawaban

Halo Naiza,

Sayang sekali Naiza tidak menjelaskan bagian tulang kaki mana yang mengalami patah (fraktur). Dalam istilah awam sering digunakan istilah 'kaki' untuk menyebutkan paha, tungkai bawah, pergelangan kaki, dan kaki itu sendiri. Kaki sebenarnya hanya bagian terbawah dari ekstremitas bawah, yang terletak lebih bawah dari pergelangan kaki (engkel). Pada kaki terdapat banyak tulang, antara lain calcaneus, talus, metatarsal, phalanges, dan lain-lain.

Untuk sekadar menyambung, tulang yang patah akan menyambung dengan sendirinya asalkan nutrisi untuk tulang tersebut terjamin, dan tidak ada jaringan yang menghalangi ujung-ujung tulang tersebut untuk bersatu. Namun masing-masing tulang memiliki batas toleransi angulasi (kebengkokan) yang berbeda-beda sesuai dengan letak dan fungsinya. Untuk itu saya perlu mengetahui tulang mana yang patah dan seberapa parah deformitas (perubahan bentuk)-nya, sehingga derajat perbaikan dapat diprediksi.

Ada perbedaan antara penyambungan patah tulang pada anak-anak dan orang dewasa, yaitu pada anak-anak akan lebih cepat karena selubung tulang lebih tebal dan nutrisi untuk tulang lebih banyak ditinjau secara proporsional. Dan apabila terjadi perubahan bentuk akibat patah tulangnya, pada anak-anak masih dimungkinkan adanya remodeling (perbaikan bentuk kembali) karena yang bersangkutan masih dalam masa pertumbuhan.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit