detikhealth

Konsultasi Tulang
Dr. Andri Primadhi, SpOT

Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161

Berapa Lama Pemulihan Patah Tulang Telapak Kaki?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 25/11/2016 14:47 WIB
Berapa Lama Pemulihan Patah Tulang Telapak Kaki?Foto: thinkstock
Jakarta, Halo Dok, Saya Priyo, 27 tahun. Saya mengalami patah tulang pada telapak kaki (lurusan jari telunjuk & tengah). Seminggu yang lalu dipasang gip. Yang saya tanyakan berapa lama pemulihan/penyembuhannya hingga saya bisa beraktivitas normal Dok? Makanan atau vitamin atau susu apa yang dapat mempercepat penyembuhan patah tulang?Atas penjelasannya diucapkan terimakasih.

Priyo (Pria, 27 tahun)

Jawaban

Halo Priyo,

Untuk patah tulang di daerah telapak kaki, kurang lebih akan mengalami penyambungan dalam waktu 6 minggu. Namun tergantung pula bagaimana pola patahannya. Dalam kurun waktu tersebut tulang sudah dapat dikatakan menyambung, sehingga nyeri sudah hilang, namun masih memerlukan 6 minggu lagi untuk dapat keras seperti tulang normal. Adanya luka (patah tulang terbuka) dapat memperlambat masa penyambungan karena berkurangnya suplai nutrisi ke tulang tersebut.

Makanan yang dapat membantu penyembuhan antara lain yang mengandung kalsium seperti susu (susu boleh apa saja, sama saja), juga makanan berprotein tinggi misalnya ikan. Merokok dapat memperlambat penyambungan tulang, bahkan bisa saja tulang tidak menyambung akibat rokok.

Dr. Andri Primadhi, SpOT
Staf Divisi Foot and Ankle
Departemen Orthopaedi dan Traumatologi
FK Universitas Padjadjaran / RS Hasan Sadikin
Jl. Pasteur 38, Bandung 40161(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit