detikhealth
Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.
Artikel 18+

Mengatasi Sulit Terangsang yang Dirasakan Istri Sejak Awal Pernikahan

Jumat, 25/11/2016 18:15 WIB
Mengatasi Sulit Terangsang yang Dirasakan Istri Sejak Awal Pernikahan Foto: thinkstock
Halo Dokter, saya mau tanya, sesudah menikah saya ada kesulitan dengan Miss V saya yang sulit sekali basah, dan sulit juga untuk terangsang.

Apa mungkin hal itu bisa terjadi mengingat pada saat malam pertama saya merasa takut dan tegang ditambah otot-otot saya yang kaku sehingga selalu menahan. Sampai sekarang pun setiap berhubungan badan saya selalu merasakan perih dan sakit di bibir vagina (bengkak), saya takut juga ada kelainan lain di Miss V saya, mohon solusinya ya Dokter.

Yuly (Wanita, 25 tahun)

Jawaban

Hubungan intim pertama kali saat malam-pengantin kadang-kadang membuat 'trauma' fisik dan psikis pada perempuan. Hal ini bersumber pada belum berpengalamannya pasangan dalam bercinta. Pada umumnya, pasangan tidak melakukan 'pemanasan' (foreplay), langsung 'tancap gas' (penetrasi penis ke dalam Ms V).

Padahal, lubrikasi (pelendiran) vagina belum terjadi, hingga saat Mr P menyelusup masuk, bukan nikmat yang terasa, tapi rasa pedih. Masalahnya, Mr P membuat iritasi pada dinding vagina yang belum basah. Rangkaian proses inilah yang membuat Anda saat ini selalu takut, cemas, waswas saat Mr P menghampiri Anda. Akibatnya, otot-otot rongga vagina kejang menutup, bukannya merekah.

Solusinya, bicaralah baik-baik, untuk mulai belajar foreplay: mulailah dengan rabaan, sentuhan, secara manual atau oral oleh suami pada zona-zona erotik tubuh Anda; jangan lakukan dulu penetrasi penis ke dalam vagina untuk beberapa kali ML; bila Ms V Anda sudah optimal lubrikasinya serta otot-otot vagina terasa rileks, tidak tegang, bahkan merekah, barulah Anda menyoba untuk mulai bersetubuh. Letak zona erotik tubuh dapat dilihat pada: andriwanananda.blogdetik.com.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close