detikhealth

Diet MIND Bisa Tingkatkan Daya Ingat dan Cegah Pikun Secara Alami

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 09/12/2016 13:07 WIB
Diet MIND Bisa Tingkatkan Daya Ingat dan Cegah Pikun Secara AlamiFoto: iStock
Jakarta, Untuk mencegah kepikunan dan penyakit Alzheimer, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola makan tepat. Diet MIND pun bisa dicoba.

Menurut nutrisionis Maggie Moon, asupan makanan tertentu diyakini dapat memberikan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan otak. Pada akhirnya, pola makan dengan asupan tersebut juga dapat diterapkan untuk mencegah pikun dan menjaga daya ingat.

"Pola makan sehat untuk otak berarti memilih lemak yang tepat, bersama dengan makanan yang kaya akan fitokimia tertentu. Ini merupakan kandungan yang sering ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Otak membutuhkan nutrisi seperti ini," ujar penulis buku 'The MIND Diet: A Scientific Approach to Enhancing Brain Function and Helping to Prevent Alzheimer's and Dementia' tersebut.

Diet MIND sendiri merupakan singkatan dari diet Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay Diet. Dipopulerkan oleh Rush University Medical Center di Chicago, diet ini diyakini dapat mengurangi risiko kepikunan dan Alzheimer.

Moon menambahkan, berikut pilihan asupan yang bisa dikonsumsi jika Anda ingin menjaga ketajaman daya ingat dan mencegah kepikunan sejak dini:

Baca juga: Riset Buktikan Air Rebusan Ubi Bisa Turunkan Berat Badan

1. Ikan salmon

Jenis ikan apapun sebenarnya boleh dikonsumsi dalam penerapan diet MIND, namun Moon menjelaskan bahwa ada kekhawatiran tentang kandungan merkuri dalam jenis ikan tertentu.

Merkuri merupakan zat berbahaya yang dapat merusak sistem saraf. Mengonsumsi makanan dengan kandungan merkuri yang terlampau tinggi tentu sangat tak dianjurkan jika Anda ingin menjaga kesehatan otak.

"Salmon adalah salah satu jenis ikan yang jangka hidupnya pendek, sehingga jarang yang memiliki tinggi merkuri. Ikan sarden juga bisa dijadikan pengganti jika tak ada salmon," ujar Moon.

2. Jus buah delima

Diet MIND selama ini biasanya lebih menganjurkan konsumsi buah jenis berry untuk menjaga kesehatan otak. Namun baru-baru ini studi yang dilakukan oleh The University of California, Los Angeles, menemukan bahwa konsumsi rutin jus delima juga memberikan efek positif pada daya ingat dan fungsi saraf otak secara keseluruhan.

3. Kacang pistachio

Mau ngemil sambil jaga kesehatan otak? Anda bisa memilih kacang pistachio. Tak cuma rendah kalori dan bikin kenyang lebih lama, kacang ini juga disebutkan oleh Moon baik bagi kesehatan otak.

4. Minyak zaitun

Jika memungkinkan, pilihlah untuk memasak dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan lemak sehat yang digunakan dalam diet MIND karena memiliki jenis lemak jenuh yang baik bagi otak.

Saat membeli minyak zaitun atau olive oil, pilihlah minyak dalam botol ukuran kecil agar kesegarannya tetap terjaga. "Minyak zaitun segar umumnya memiliki rasa yang lebih khas, ini karena kandungan polifenolnya yang masih tinggi," imbuh Moon.

Baca juga: Kata Ahli Gizi, 4 Jenis Diet Ini Sebaiknya Dihindari


(ajg/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit