detikhealth
Konsultasi Umum
dr. Dito Anurogo

Penulis 17 buku dan sedang studi S2 Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis FK UGM Yogyakarta.

Nyeri Ulu Hati dan Sakit Kepala, Indikasi Apa?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 14/12/2016 16:18 WIB
Nyeri Ulu Hati dan Sakit Kepala, Indikasi Apa?Foto: ts
Jakarta, Sore Dok. Saya mau nanya Dok. Hari jumat tanggal 30 September 2016 radang mulai menyerang. Sampai pada hari Minggu mulai meradang ke pusing kepala mata terasa panas, ulu ati sakit perut kembung dan sepertinya ada angin di dalam perut yang sedang muter-muter Dok.

Sampai hari Selasa 5 Oktober 2016 ulu hati saya semakin memburuk kalau berdiri sakit. Sampai hari ini juga masih terasa sakit.

Septi (Wanita, 24 tahun)

Jawaban

Apakah sudah pernah melakukan tes kehamilan? Atau saat ini sedang hamil? Pernah memakan yang pedas atau makan gorengan, ada riwayat maag atau gangguan saluran pencernaan, seberapa sering terlambat makan? Apakah sering begadang atau kerja lembur hingga larut malam?

Saran saya sederhana, perbaiki pola hidup, beristirahat yang cukup, berolahraga secara rutin dan teratur. Sempatkanlah untuk memanjakan diri sendiri setiap hari. Lakukanlah hal-hal yang dapat membahagiakan hati dan diri Anda, juga sesama.

Berbagilah kebahagiaan dan keceriaan kepada sesama karena dengan pada hakikatnya, semakin banyak berbagi, maka semakin banyak pula rezeki yang akan kita dapatkan dari Allah. Salah satunya berbentuk kesehatan.

Alangkah bijak bila Anda juga bergegas memeriksakan diri ke dokter, untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Dokter Dito Anurogo, penulis 18 buku, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit