detikhealth
Konsultasi Laktasi
dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC

Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat

Benarkah Penggunaan Cat Rambut Berpengaruh pada ASI?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 19/12/2016 14:38 WIB
Benarkah Penggunaan Cat Rambut Berpengaruh pada ASI?Foto: Thinkstock
Jakarta, Halo Dok, salam kenal. Saya sedang menyusui bayi saya yang kini berusia 5 bulan. Beberapa waktu lalu, saya mengecat rambut. Nah yang terjadi kok rambut saya nggak merah tapi justru rambut anak saya yang kelihatan pirang, padahal sebelumnya rambutnya hitam pekat. Apa benar pemakaian cat rambut bisa berpengaruh pada anak yang masih menyusu?

Sebagai info saya juga jarang mengajak anak keluar rumah saat cuaca panas gitu Dok (kan umumnya orang berpikir kalau anak diajak panas-panasan mungkin saja rambutnya merah begitu Dok, hehe). Mohon penjelasannya dr Asti. Terimakasih.

Sita (Wanita, 22 tahun)

Jawaban

Halo Ibu Sita,

Pemakaian cat rambut yang berpengaruh terhadap menyusui hanyalah mitos. Sangat mungkin kejadian rambut bayi yang berubah warna tidak berhubungan dengan menyusui. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi perubahan pigmen rambut, tidak selalu juga karena terkena panas matahari.

Yang terpenting adalah ibu tenang dalam proses menyusui. Jika memang Ibu ragu dalam suatu hal, sebaiknya ditinggalkan agar tidak membuat perasaan Ibu khawatir, karena hal itu akan berpengaruh terhadap hormon menyusui. Yang terpenting juga adalah proses menyusui itu sendiri dan kecukupan ASI pada bayi.

Oleh karena itu, bila masih ada yang mengganjal di pikiran Ibu, kami sarankan untuk segera konsultasi ke klinik laktasi agar masalah Ibu segera terselesaikan dan proses menyusui dapat berjalan lancar hingga 2 tahun.

dr. Asti Praborini, SpA, IBCLC
Dokter Laktasi dan Ibu Menyusui di RS Permata Depok
Ketua Tim Laktasi RS Permata Depok
Koordinator Pelatihan Manajemen Laktasi Perinasia Pusat
www.rspermatadepok.com

(hrn/rdn)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit