detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga

Cedera Pergelangan Tangan, Bagaimana Mengobatinya?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 01/01/2017 14:05 WIB
Cedera Pergelangan Tangan, Bagaimana Mengobatinya?Foto: thinkstock
Jakarta, Dok? Di pergelangan tangan kanan saya terasa sakit mungkin karena terkilir karena beban yang saya angkat lumayan berat, kenapa ya Dok? Memang saya rutin olahraga fitness seminggu 4 kali, bagaimanakah cara mengobati tangan yang terkilir Dok? Terimakasih.

Taufik (Pria, 33 tahun)

Jawaban

Mas Taufik,

Untuk penanganan cedera pergelangan tangan yang baru terjadi adalah sama dengan penanganan cedera pada umumnya yaitu menggunakan prinsip RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation). Artinya istirahatkan dari latihan, kompres dengan es, gunakan bebat elastis ataupun wrist support dan bila memungkinkan bagian yang membengkak ditinggikan posisinya.

Bila cedera itu berlanjut setelah lebih dari dua minggu dan belum pulih maka Anda perlu untuk mengurangi ataupun menghindari gerakan pada pergelangan tangan tersebut dan secepatnya memeriksakan diri ke dokter olahraga ataupun orthopedi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan yang lebih lengkap.

Beberapa kemungkinan yang mungkin terjadi adalah cedera tersebut menjadi kronis atau dimungkinkan adanya robekan dari tendon/ligamen ataupun adanya retakan pada tulang di daerah tersebut.

dr. Michael Triangto, SpKO
Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga
Direktur Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta
Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI)


(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit