detikhealth

Konsultasi Umum
dr. Dito Anurogo

Penulis 17 buku dan sedang studi S2 Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis FK UGM Yogyakarta.

Penyebab Sering Cegukan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 09/01/2017 15:15 WIB
Penyebab Sering Cegukan Foto: thinkstock
Jakarta, Dok mengapa saya setiap hari sering sekali cegukan? Setiap hari pasti sering tapi cegukannya hanya 2 atau 3 kali, lalu hilang sendiri tanpa minum, dan lain-lain. Kira-kira apa penyebabnya ya Dok? Terimakasih.

Regina (Wanita, 21 tahun)

Jawaban

Pusat cegukan (hiccup reflex arc) adalah di bagian atas urat saraf tulang belakang (upper spinal cord, C3-C5), di medulla oblongata, di dekat pusat pernapasan. Aktivasi persarafan recurrent laryngeal menutup glottis, memproduksi suara 'hiks' saat cegukan.

Cegukan yang berlangsung kurang dari 48 jam (2 hari), paling sering dipicu oleh meminum minuman berkarbon, minum terlalu banyak alkohol, makan terlalu banyak, rasa cemas atau ketakutan yang berlebihan dan/atau tidak masuk akal, stres emosional, rasa bahagia yang berlebihan (euforia), perubahan suhu yang mendadak, menelan udara sambil mengunyah permen karet atau menghisap permen.

Cegukan selama lebih dari dua hari disebabkan oleh berbagai faktor, seperti; iritasi atau kerusakan sistem persarafan, gangguan sistem saraf pusat dan tepi, gangguan metabolisme, infeksi (misal meningitis dan ensefalitis), mengonsumsi obat-obatan tertentu (seperti benzodiazepin, barbiturat aksi-pendek, donepezil, deksametason, alfa-metildopa, steroid, tranquilizers, dsb).

Demikian penjelasan saya, semoga mencerahkan.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dokter Dito Anurogo, penulis 18 buku, S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta.(hrn/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit