detikhealth

Kolom Dokter

Mengenal Ortodonti, Teknik untuk Dapatkan Senyum Cantik

drg Yoan Hermawan - detikHealth
Rabu, 11/01/2017 13:44 WIB
Mengenal Ortodonti, Teknik untuk Dapatkan Senyum CantikFoto: HHDC Clinic
Jakarta, Senyum cantik dan sehat, siapa yang tidak ingin memilikinya? Banyak jalan menuju Roma, merupakan pepatah kuno yang berarti banyak cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Begitu pula untuk mendapatkan senyum yang cantik, banyak cara yang dapat ditempuh. Salah satunya adalah dengan menggunakan kawat gigi. Memperbaiki posisi gigi ke dalam lengkung yang harmonis dengan jalan menggeser gigi merupakan prinsip utama dari perawatan ini.

Gigi berantakan yang dapat mengurangi rasa percaya diri pun dapat diatasi dengan penggunaan kawat gigi ini. Secara umum ada dua macam perawatan ortodonti:

1. Ortodonti Cekat (Fixed Orthodontic)

Pasien tidak dapat melepas pasang sendiri alat yang digunakan karena direkatkan pada gigi. Biasanya digunakan pada pasien dengan usia di atas 12 tahun, di mana gigi permanen pasien sudah tumbuh semua (kecuali gigi bungsu). Pasien juga sudah mampu secara mandiri menjaga kebersihan gigi dan mulutnya sendiri.

2. Ortodonti Lepasan (Removable Orthodontic)

Pasien dapat melepas pasang sendiri alat ortodontinya. Kemampuan perawatannya lebih sederhana dibanding dengan ortodonti cekat, dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sangat tergantung dari kedisiplinan pasien dalam menggunakan alat tersebut.

Alat ini lebih digunakan pada anak-anak dengan usia antara 6-12 tahun yang masih memiliki gigi susu.

Perawatan ortodonti bukanlah perawatan yang sembarangan. Ortodonti memerlukan pengetahuan serta keterampilan yang memadahi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jadi untuk mendapatkan perawatan yang terbaik bagi senyum berharga Anda, dapat langsung konsultasikan dengan dokter gigi tepercaya Anda.

*) drg Yoan Hermawan adalah dokter gigi di klinik gigi HHDC Clinic (Hendra Hidayat Dental Center). (www.hendrahidayat.com)(vit/vit)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close